TIGA “Y” YANG PERNAH NGEUSIAN LINI TENGAH PERSIB !! SIAPA SAJA COBA ?!

.id – Tiga nama pemain Persib era tahun 90an dan 2000 an ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga bobotoh. , Yudi Guntara dan . Tiga pemain ini mempunyai kesamaan selain huruf awal Y di nama depan mereka. Yudi, Yusuf dan Yaris merupakan pemain Persib yang berposisi gelandang dan tentunya berasal dari Bandung. Tiga pemain ini mempunyai tinggi badan yang juga hampir sama, lincah juga tentunya.

1. Yusuf Bachtiar

Yusuf Bachtiar. (HL/Bobotoh.id)
Yusuf Bachtiar. (HL/Bobotoh.id)

Yusuf Bachtiar merupakan salah satu legenda hidup . Yusuf pertama kali membela Persib pada Pesta Sukan Brunei Darussalam II/1986. Yusuf mempersembahkan trophy pertamanya untuk Persib pada Piala Hassanal Bolkiah 1986. Selanjutnya, Yusuf berkontribusi besar mempersembahkan gelar juara Kompetisi Divisi Utama Perserikatan 1989/1990, 1993/1994 dan Liga Indonesia (LI) I 1994/1995.

Peran Yusuf sebagai playmaker di Persib terbilang besar. Ia tak tergantikan sekalipun kursi pelatih Persib berpindah tangan. Dari mulai Ade Dana, Nandar Iskandar hingga Indra Tohir mempercayakan lini tengah kepada pemain bernomor punggung 8 ini. Bahkan, ketika Indra menangani Persib pada LI VII 2001, ia kembali memanggil gelandang jebolan SMA Ragunan itu.

Selain tercatat sebagai pemain, yusuf pun pernah menjabat sebagai assiten Persib Bandung.

2. Yudi Guntara

yudi_helmi
Yudi Guntara. (HL/Bobotoh.id)

Yudi Guntara, pemain asal Lembang ini merupakan salah satu pemain yang membawa Persib juara Perserikatan terakhir tahun 1993/94 dan Liga Indonesia pertama 1994/1995. Saat menjadi juara Perserikatan 93/94, Yudi menjadi salah satu pemain yang mencatatkan namanya di papan skor. Tendangan kerasnya saat itu tak mampu duantisipasi kiper PSM Makasar, Herman Kadiaman.

Yudi pun sempat tercatat sebagai pemain Persija. Singkatnya, Yudi yang sedang menimba ilmu di STIE Perbanas Jakarta tak bisa menolak karena tempat kuliahnya itu mempunyai klub yang meriupakan anggota Persija Jakarta.

Yudi memperkuat Persib pada tahun 1991 dan berhasil menorehkan kenangan indah dengan Persib dengan raihan dua gelar juara yang dipersembahkannya untuk bobotoh. Yudi bahkan sempat dipuji pelatih AC Milan, Fabio Capello saat tumbang 0-8 di Senayan.

Saat ini yudi tercatat sebagai salah satu pegawai bank di Kota Bandung.

3. Yaris Riyadi

yaris_adam
Yaris Riyadi. (Adam Husein/Bobotoh.id)

Ucing atau Jacky Chan, dua nama itulah yang disematkan oleh bobotoh untuk gelandang lincah Persib ini. Mengawali kariernya di SSB UNI Yaris masuk dalam skuat Persib di Liga Indonesia II tahun 1995. Sebelum namanya mencuat, Yaris pernah memperkuat Pelita Krakatau Steal di tahun 2002. ia kembali ke Persib pada tahun 2003 sebelum akhirnya bergabung ke Persikab Kabupaten Bandung. Yaris merupakan satu dari banyak pemain Persib yang pernah mengisi skuat Timnas Indonesia. (bobotoh.id/HL/berbagai sumber)

Komentar

Helmi M. Permana

Orang Bandung, suka foto, suka bola, & suka musik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.