TILU STADION DI BANDUNG RAYA NU KUNGSI DIPAKAI MAUNG BANDUNG KALA “BERPERANG”

.id – Selama kiprahnya di liga profesional, Bandung telah menggunakan 3 yang ada di kawasan – Cimahi untuk menggelar pertandingan di kompetisi kasta tertinggi di Indonesia. Stadion mana saja yang digunakan kala “berperang” di lapangan hijau ?!

1. Stadion Siliwangi Bandung

siliwangi
Bobotoh memberikan dukungan untuk Persib dari tribun timur Stadion Siliwangi Bandung. (HL/Bobotoh.id)

Stadion ini seperti memiliki daya magis yang luar biasa. Ada kesan yang berbeda saat mengahadapi lawan-lawannya di kompetisi tertinggi Indonesia. Stadion yang terletak di Jalan Lombok Bandung ini merupakan stadion yang paling sering digunakan Persib. Bahkan sejak jaman perserikatan, Persib selalu menggunakan stadion milik Kodam III SIliwangi ini.

Saat berdirinya, Stadion Siliwangi ini memang lebih diperuntukkan bagi pembinaan jasmani anggota Kodam III/Siliwangi. Namun, stadion dengan kapasitas 25.000 penonton ini lebih terkenal sebagai markas Maung Bandung kala menjamu lawan-lawannya.

2. Stadion Si Jalak Harupat

JALAK_HELMI
Pelangi menjadi background pemandangan Stadion Si Jalak Harupat saat Persib menghadapi Persisam Samarinda musim 2009/2010. (HL/Bobotoh.id)

Si Jalak Harupat merupakan stadion terbesar di Jawa Barat dan menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Bandung. Nama Si Jalak Harupat diambil dari nama julukan Oto Iskandar Dinata, seorang pahlawan kenamaan Jawa Barat dari Bojongsoang, Bandung. Stadion ini menjadi kandang Persikab Kabupaten Bandung, tetapi juga sering dipakai oleh Persib Bandung dan Pelita Jaya. Persib Bandung sudah memakai stadion ini sejak tahun 2008 hingga sekarang. Sementara Pelita Jaya menggunakan stadion ini hanya selama satu tahun, yaitu tahun 2008-2009.

Stadion yang terletak di wilayah Kabupaten Bandung ini memiliki beberapa fasilitas diantaranya Lapangan sepak bola, delapan lintasan (track) atletik, papan skor elektronik, lampu berkekuatan 1.000 lux untuk pertandingan malam, tribun penonton dengan kapasitas 27.000-40.000, fasilitas penunjang seperti toilet, ruang ganti pemain, ruang wasit, kantin, dan lain-lain.

3. Lapangan Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpom) Cimahi

adam-pusdikpom
Aang Suparman saat masih membela Persib dan berlatih di lapangan Pusdikpom. (Adam Husein/Bobotoh.id)

Lapangan yang terletak di wilayah Kota Cimahi ini pernah digunakan Persib saat melakoni laga usiran melawan Semen Padang dan Sriwijaya FC pad atahun 2003. Lapangan ini juga yang sering dipergunakan Atep cs kala berlatih mengahadapi pertandingan-pertandingan kompetisi ISL. (bobotoh.id/HL/Berbagai sumber)

Ieu Rame Lur : 3 Momen Yang Membuat Cirambai ! Persib & Pemain Asing !

Komentar

Helmi M. Permana

Orang Bandung, suka foto, suka bola, & suka musik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.