OLI YANG BAGUS, KENTAL ATOW ENCER ? TENJO DISNI LUR !

Oli di pasaran memiliki tingkat kekentalan yang berbeda-beda sesuai kebutuhan dan karakter mesin. Namun begitu, tidak semua pemilik sepeda motor mengetahui tingkat kekentalan yang dianjurkan pabrikan. Alhasil, mesin sepeda motor ada yang diguyur yang lebih kental dari rekomendasi pabrikan. Pakai yang lebih kental memiliki keuntungan dan kelemahan yang akan dirasakan oleh pemotor.

“Bicara oli motor sebenarnya tidak terlalu terasa efeknya. Pengaruh pakai oli yang lebih kental hanya di awalnya saja tarikan jadi lebih berat” ujar Hofwatuzzaki, Lubricant Technical Advisor PT Shell Indonesia dilansir liputan6.

Ieu rame lur: PRIA IEU NGAKU YESUS KRISTUS TAPI MAU MAOK ANJINGNA OBAMA | EH ANEH..

Pria yang akrab disapa Zaki menjelaskan jika oli yang tadinya kental lama kelamaan akan encer. Ini disebabkan karena oli yang terkena panas mesin terus menerus. “Apabila oli dalam mesin sudah beroperasi lama, maka efek berat tidak terasa lagi,” sambungnya.

Ditambahkan Muhammad Haris dari Aris motor, penggunaan oli yang lebih kental dikatakan lebih lama dalam durasi penggantian. Ini disebabkan karena proses perubahan oli menjadi encer lebih lama. “Oli kental bisa lebih lama masa pakainya. Bila biasanya sebulan sekali ganti oli, ini bisa sampai hampir dua bulan karena encernya lebih lama. Tapi, ini tidak disarankan karena mesin kerjanya jadi berat,” tuntasnya.

 [socialpoll id=”2322451″]


[socialpoll id=”2318163″]
(Bobotoh.id/RF)

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.