SEJARAH POÉ IEU: GELARAN PERTAMA DERBY DELLA MADONNINA

Derby della Madonnina atau derby Milan. Siapa yang tidak kenal dengan salah satu laga paling prestisius di tanah Italia ini antara duo seteru sekota Milan, dan FC Internazionale? Duel derby ini sudah berlangsung dalam 163 edisi sepanjang sejarahnya, dan hari ini, tepat 107 tahun silam, merupakan cikal bakal atau awal dari dimulainya perseteruan dua tim sekota tersebut.

Di Italia, persaingan Rossoneri dan Nerazzurri dianggap sebagai salah satu derby paling panas karena selalu menggunakan stadion yang sama, dalam hal ini adalah San Siro, nama tersebut digunakan untuk Milan ketika bermain kandang dan berubah menjadi Giuseppe Meazza saat yang menggunakannya sebagai tuan rumah.

Ieu rame lur: OSAS, CONTEH & OK. JOHN MERAPAT ?!

Nama “Madonnina” sendiri diambil demi menghormati salah satu tempat utama wisata di kota Milan, yakni patung Bunda Maria di puncak Duomo, yang sering disebut masyarakat sebagai “Madonnina”. Pada 1908, mencuatnya kebijakan perekrutan pemain-pemain asing di internal Milan membuat klub tersebut terpecah dan memicu terciptanya tim tandingan, dan inilah awal mula lahirnya FC Internazionale.

Di masa lalu, Inter kerap diidentikkan sebagai klub yang berasal dari kaum borjuis Milan. Sampai-sampai mereka dijuluki Bauscia, dalam bahasa dialek Milan berarti “pembual”. Sedangkan Milan mendapatkan julukan sebagai kaum Casciavit – merujuk pada kaum pekerja. Berangkat dari latar belakang nenek moyang mereka yang sejahtera, tak heran, dahulu, fans Inter kerap memamerkan kemewahan mereka setiap kali menuju stadion dengan mengendarai skuter, sementara loyalis Milan sebatas menggunakan transportasi publik.

Bagaimana pun, gelaran derby perdana bertaraf laga kompetitif pada 1909 silam ini memperlihatkan kesolidan Il Diavolo sebagai kalangan kelas pekerja. Mereka berhasil mengalahkan Inter 3-2 berkat gol-gol dari legenda seperti Trere, Lana dan Alich.

[socialpoll id=”2322626″]


 

[socialpoll id=”2318163″]

(Bobotoh.id/RF/Goal)

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.