KUSABAB IEU, INDONESIA BISA MEUNANG RP. 1.350 TRILIUN !

Pemerintah tengah merampungkan draft final Rancangan Undang-undang (RUU) pengampunan atau tax amnesty agar implementasinya dapat berjalan di tahun ini. Dengan program tersebut, diperkirakan akan ada harta orang yang masuk sekitar US$ 100 miliar atau Rp 1.350 triliun yang selama ini terparkir di luar negeri. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengungkapkan, pemerintah sedang berusaha merampungkan pembahasan satu dari lima poin yang masih tertunda dalam draft RUU tax amnesty.

“Tinggal satu yang masih pending, seperti masalah apa yang tidak dilaporkan selama ini. SPT tahun berapa pengurangnya, ini menyangkut mana yang lebih adil,” ujar Darmin di kantornya, Jakarta, seperti ditulis Selasa (12/1/2016). Artinya, kata Darmin, tidak ada batasan jumlah harta maupun waktu (SPT) bagi si pengusaha untuk menarik dananya masuk ke Indonesia demi memperoleh pengampunan sanksi pidana pajak dengan hanya membayar tebusan pajak sesuai ketetapan. “Sampai semuanya. Berarti semua harta dan sejak kapan saja, ya silakan saja masuk (ke Indonesia),” tegas dia.

Ieu rame lur: LUIS ENRIQUE RAIH PELATIH TERBAIK 2015 ! COCOK TEU LUR ?

Dalam kesempatan sama, Ketua Tim Ahli Wapres, Sofjan Wanandi mengklaim hampir 99 persen seluruh perusahaan atau pengusaha di Indonesia, termasuk sebagian besar anggota APINDO bahkan sebagian dari 50 orang terkaya Indonesia versi Majalah Forbes sudah berminat ikut pengampunan pajak. “Sebagian besar merasa sudah waktunya harus membuka diri, karena akhir 2017 atau 2018 sudah tidak ada lagi rahasia perbankan, data dibuka untuk kepentingan pajak walaupun mereka minta tebusan ringan, tapi kita kan kompromi juga,” ucap Sofjan.

Dengan ribuan triliun uang atau harta orang Indonesia yang disimpan di luar negeri, diperkirakan Sofjan, akan masuk dana sekitar US$ 100 miliar. Jika dihitung dengan asumsi kurs Rp 13.500, maka potensi nilainya mencapai sekitar Rp 1.350 triliun. “Dengan tarif tebusan sebesar itu, menurut saya kita bisa mendapat penerimaan pajak Rp 100 triliun dari tax amnesty di tahun ini,” jelas Mantan Ketua Umum APINDO itu.

[socialpoll id=”2323117″]


 

[socialpoll id=”2318163″]

(Bobotoh.id/RF)

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.