LIMA HAL PERLU ANJEUN KETAHUI SOAL KRISIS SAMPAH DI INDONESIA LURR.. (BAG. 2)

3. Pemerintah ingin Anda membayar kantong plastik

R Sudirman, selaku Direktur Pengelolaan dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, mengatakan kepada BBC bahwa pemerintah akan meminta masyarakat membeli kantong plastik.

1

“Peraturan sedang kita susun. Maret akan selesai, tentang bagaimana penggunaan kantong plastik di ritel-ritel itu berbayar. Jadi, kalau Bapak atau Ibu belanja di supermarket, pulang bawa kantong plastik, nanti itu dibayar.” Menurutnya, program itu akan dimulai pada 21 Februari mendatang untuk menandai Hari Peduli Sampah.

2

“Setiap konsumen belanja di ritel, mulai 21 Februari, di 15 kota, itu nanti harus bayar kalau pakai plastik. Tapi di Bandung sudah dimulai. Di Circle-K sudah mulai. Kita dapat dukungan dari Apindo, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia.”

4. Sampah seluas tujuh lapangan sepak bola dibuang setiap hari ke Sungai Ciliwung

Di sinilah, di Sungai Ciliwung, sampah-sampah Jakarta dibuang. Diperkirakan sampah seluas tujuh lapangan sepak bola dibuang ke sungai ini setiap hari. Ketika BBC Indonesia menyambangi sungai tersebut, hujan yang baru saja turun membuat sungai terlihat lebih bersih dari biasanya. Namun, perahu yang kami tumpangi harus berhenti setiap lima menit karena plastik menyangkut pada mesin perahu.

3

Fitri Dewi dari Ciliwung Institute mencoba mengajak khalayak umum mengikuti tur lingkungan dengan mengarungi Sungai Ciliwung demi meningkatkan kepedulian. “Kami ingin mengembalikan Sungai Ciliwung seperti sediakala, ketika orang bisa mencuci dan berenang di sungai. Kami ingin pemerintah mendidik masyarakat yang tinggal di tepian sungai sehingga sampah mereka tidak menumpuk di sini. Kita juga perlu menghentikan sampah perusahaan berada di sungai ini.”

4

Mohamad Bijaksana Junerosano mengaku ide pendirian perusahaan daur ulang Waste4Change berasal ketika dia melihat kondisi Sungai Ciliwung.

5

“Mengalihkan energi marah, emosional dan gemes, menjadi energi lebih positif. Kami aktif melakukan advokasi mengenai kantong plastik di mana warga Indonesia ini menyumbang 700 lembar kantong plastik per orang per tahun. Kemarahan ini, kami ajak masyarakat indonesia lakukan perubahan,” ujarnya.

Tenjo oge Lurr.. (BERBEKAL PENGETAHUAN TI INTERNET, LALAKI IEU UBAH SAMPAH PLASTIK JADI BBM)

5. Indonesia bertekad mengakhiri krisis sampah pada 2020 dengan mengubah limbah menjadi energi

R. Sudirman, selaku Direktur Pengelolaan Sampah dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, mengatakan pemerintahan Presiden Joko Widodo memiliki gagasan ‘luar biasa’ guna mengatasi krisis sampah.

“Dari program percepatan pengelolaan sampah itu ada tiga target. Pertama, masalah sampah menjadi energi listrik dengan cara Insenerator, sampah menjadi energi listrik dengan mengangkat gas metan di TPA, dan bagaimana sistem pengelolaan sampah dari hulu ke hilir itu terintegrasi. Misalkan nanti kalau energi listriknya, itu diharapkan untuk DKI, Solo dan Surabaya. Kemudian gas metannya untuk kota Balikpapan, Malang.”

6

Pendiri Waste4change, Mohamad Bijaksana Junerosano, mengatakan dia berharap ada perubahan. “PR (Pekerjaan Rumah) kita masih banyak. Dan saya percaya sekarang mulai tumbuh banyak sekali aksi-aksi anak muda. Dan saya lihat masyarakat dan Presiden Jokowi pun telah mendorong ini betul-betul. Ayo cepat kita bergerak.” (Bobotoh.id/BBS/bbcindonesia)

[socialpoll id=”[socialpoll id=”2319838″]


[socialpoll id=”2318163″]

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.