FAISAL BASRI MINTA JOKOWI BATALKEUN 2 MEGAPROYEK IEU | NAUN WAE TAH..

“Jalan tol akan memperburuk kerusakan lingkungan di Sumatera. Berapa ribu hektar lahan yang harus dibebaskan? Jalan Tol Trans-Sumatera juga tidak akan membantu keterisolasian beberapa daerah,” kata Ekonom Universitas Indonesia, dalam surat terbukanya kepada Presiden yang ia tulis di blog pribadinya, seperti dikutip pada Selasa (19/1/2016). Faisal meminta Presiden Joko Widodo mengoreksi dan membatalkannya.

Menurut dia, jalan Tol Trans-Sumatera bertentangan dengan gagasan tol laut yang dikumandangkan Jokowi sejak kampanye pilpres lalu. Sebab, jalan tersebut dianggap memperkokoh dominasi transportasi darat di Sumatera.

Terlebih lagi, kata Faisal, proyek Tol Trans-Sumatera tidak layak secara finansial lantaran BUMN dipaksa untuk membangun proyek tersebut. Ketidakmampuan finansial itu kemudian disokong oleh sebagian APBN dengan memberikan penyertaan modal negara (PMN) kepada BUMN tersebut.

Sementara itu, terkait proyek KA Cepat Jakarta-Bandung, gagasan proyek itu sulit diterima akal sehat. Daripada KA Cepat Jakarta-Bandung, ia lebih setuju kalau pemerintah mendorong pembangunan proyek KA Cepat Jakarta-Surabaya. Tempat pemberhentian bisa di beberapa kota besar yang daya belinya sudah memungkinkan untuk naik kereta cepat, misalnya Cirebon dan Semarang.

Tenjo oge Lurr.. (ASIIIK ! RÉK AYA KERETA CEPAT DI BANDUNG LURRR !)

“Mumpung belum mulai dibangun, batalkanlah kereta cepatJakarta-Bandung. Saya berkeyakinan mayoritas mereka (ahli transportasi) akan menolak. Akal sehat saja sulit menerimanya. Mau cepat seperti apa kalau singgah di lima lokasi. Baru tancap gas sudah harus segera mengerem,” kata dia. (Bobotoh.id/BBS/kompas.com)

[socialpoll id=”2325097″]

[socialpoll id=”2322831″]

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.