ICEBERG CAFE: HARMONISASI JEUNG KULTUR

Jika ada kafe, restoran atau semacamnya yang bertemakan Italia, bisa dipastikan bakal turut memajang skuter-skuter berlabel Vespa ataupun Piaggio. Namun tidak begitu halnya dengan Iceberg Gelato & Coffee. Kentalnya nuansa Italia yang tertuang di jajaran menu, berbaur dengan entitas otomotif yang berasal dari belahan dunia lain.

Sedikit menengok latar belakangnya. “Walau ‘iceberg’ itu artinya ‘gunung es’ tetapi maksud sebenarnya adalah Bergamo,” jelas Helmi, Store Manager Iceberg Gelato & Coffee. Bergamo sendiri merupakan dataran tinggi yang berjarak sekitar 40 km dari kota Milan.

 

Iceberg-Gelato-and-Coffee

 

Di daerah tersebutlah lahir mantan pembalap motor, Matteo Guerinoni, yang kemudian mencurahkan minatnya di dunia kuliner. Kini, selain menjadi juri kompetisi memasak di salah satu stasiun televisi nasional, Matteo juga berusaha mempopulerkan cita rasa warisan tanah kelahirannya melalui gerai ini.

Matteo memang bukanlah pemilik dari Iceberg Gelato & Coffee. Melainkan, dirinya lebih berperan sebagai perancang menu dan pemasok bahan baku. Dengan kontribusinya tersebut, maka tak aneh jika gerai ini meminjam nama kampung halamannya.

 

Iceberg-Gelato-and-Coffee

 

Mengunjungi gerai yang tepatnya beralamat di Jl. Cikini Raya No.70, Menteng, Jakarta Pusat ini kami langsung disapa pemandangan kontras. Bagaimana tidak? Ada dua reklame merek komponen otomotif yang juga terpampang di atas terasnya. Maklum, Iceberg Gelato & Coffee masih merupakan asuhan PT Sena Auto Part, distributor suspensi Öhlins dan ban Pirelli untuk Indonesia.

Nilai tambah dari kombinasi ini ialah daya tarik bagi maniak sepeda motor yang mencari titik sesungguhnya untuk menikmati kuliner khas Italia. Tentunya, tanpa melepaskan identitas sebagai pemerhati serba-serbi kendaraan roda dua. Interior Iceberg Gelato & Coffee membawa identitas Jepang yang diwakili sosok sporty Yamaha R6, kemudian penjamah multi medan dari Inggris : Triumph Scrambler, dan tentunya warna-warni menu segar sehingga menjadi sebuah kesatuan.

 

Iceberg-Gelato-and-Coffee

 

“Pertama kali datang ke sini, orang pasti aneh atau kaget saat melihat ada motor atau shock breaker,” sambung Helmi. Tetapi sejauh ini Helmi mengaku selalu menuai testimoni positif dari para tamu mengenai konsep yang diusung.

Ieu rame Lurr.. (PILIH LURR.. design cafe soccer )

Selain menjajakan suguhan utamanya : Coppe Gelato – Special Ice Cream Cup yang diramaikan beragam variasi, gerai ini juga memiliki menu kopi spesial yang masuk ke jajaran Caffe – Cooffee Selection. “Sampai sekarang (order) yang dominan masih gelato dan kopinya. Setelah itu barulah food,” kata Helmi. Sebelumnya, ia mengatakan bahwa sebagian besar bahan baku yang digunakan masih dipasok dari Italia.

 

Iceberg-Gelato-and-Coffee

 

“Untuk showcase gelato-nya sendiri kita sudah berbeda dengan tempat-tempat lain. Showcase gelato yang kita pakai itu setara dengan yang ada di hotel-hotel bintang lima,” sambungnya.

Sementara itu, jenis makanan yang menggugah selera seperti pasta, omelettesandwich serta aneka macam sup juga salad ikut menggenapkan menu yang ditawarkan. Sedangkan, bagi penyuka cita rasa Tanah Air bisa memilih opsi beberapa varian nasi goreng. (.id/thegaspoll.com)

[socialpoll id=”2326782″]

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.