9 WISATAWAN TERSERET OMBAK DEUI LURR… | EH DIMANA?

Selama masa akhir tahun, sejumlah pengunjung saat berwisata pantai di Kabupaten , Jawa Timur. Dalam dua hari, tercatat sembilan pengunjung terseret gelombang laut. Enam orang dapat diselamatkan, dua orang ditemukan , dan satu lagi masih dicari. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pacitan Tri Mudjiharto, Minggu (3/1/2015), mengatakan, kecelakaan tersebut terjadi di Pantai Klayar di Kecamatan Donorojo dan Pantai Dangkal di Kecamatan Kebonagung. Saat kejadian, lokasi wisata tersebut tengah dipenuhi wisatawan yang menikmati pesona pantai berpasir putih.

Kecelakaan di Pantai Klayar terjadi pada Sabtu (2/1/2015) siang. Dari empat pengunjung yang terseret gelombang, dua ditemukan selamat dan dua lainnya ditemukan tewas. Korban meninggal bernama Bambang Cahyono (18), warga Pacitan, dan Fristian Ardianto, warga Ponorogo. Sedangkan kecelakaan di Pantai Dangkal terjadi pada Jumat (1/1/2015) dan menimpa lima korban, semuanya mahasiswa universitas swasta. Empat korban selamat, sedangkan satu korban bernama Mohammad Reza Suprayogi masih dicari.

“Korban Reza merupakan warga Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Tim pencari dan penyelamat hingga saat ini masih terus menyisir lokasi di sekitar pantai untuk menelusuri keberadaan korban,” ujar Tri.

Tujuh hari

Penyisiran dilakukan di darat dengan mengelilingi seluruh kawasan pantai dan di laut dengan mengitari kawasan perairan. Pencarian di laut dilakukan dengan mengerahkan perahu nelayan dan perahu karet milik polisi ataupun BPBD. Namun hingga sore kemarin, pencarian yang melibatkan anggota BPBD Pacitan, kepolisian, dan nelayan yang bermukim di sekitar lokasi belum membuahkan hasil. Sesuai prosedur standar operasi, upaya pencarian dan penyelamatan korban berlangsung tujuh hari atau hingga Kamis.

“Diperkirakan korban masih di sekitar Pantai Dangkal. Mungkin di lokasi yang tertutup pasir atau terhalang karang. Menurut pengalaman, kecil kemungkinan korban ditemukan dalam keadaan selamat,” ujar Tri. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Pacitan Pudjono mengatakan, selama musim liburan Natal dan Tahun Baru, kondisi pantai di Pacitan dipadati banyak pengunjung. Mereka datang dari Pacitan dan wilayah sekitarnya di Jatim, juga dari Jawa Tengah. Mereka datang berombongan dengan keluarga, tetangga, dan teman. Pantai yang menjadi favorit pengunjung adalah Pantai Klayar dan Telengria. Tenjo oge Lurr.. (INNALILLAHI.. KUSABAB SELFIE, 5 WISATAWAN IEU TERSERET OMBAK DI MALANG !)

“Kami sudah mengantisipasi terjadinya kecelakaan di lokasi wisata dengan memasang papan tanda bahaya, papan peringatan, serta larangan berenang karena gelombang atau ombak kerap tiba-tiba datang. Apalagi, sejak dulu, gelombang di Pantai Pacitan rata-rata tinggi di atas 1,5 meter,” ujar Pudjono. (Bobotoh.id/BBS/kompas)

[socialpoll id=”2317542″]

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.