ATURAN SIM C ANYAR MALAH AKAN MERAMAIKAN KHASANAH PERCALOAN !

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane mengatakan bahwa wacana yang akan dikeluarkan oleh Korlantas Polri mengenai klasifikasi C malah akan menambah maraknya percaloan untuk membuat tersebut. “Selama ini pengurusan sendiri masih rawan percaloan. Jika dipenggolongan dilakukan dipastikan objek percaloan oleh oknum makin marak,” kata Neta S Pane dilansir inilahcom, Senin (11/1/2016).

Ia menambahkan, kalau Polri ingin membuat aturan baru maka langkah yang harus diambil adalah dengan merevisi Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ). “Jika memang hendak membuat aturan seharusnya polri segera merevisi UU LLAJ,” ujarnya.

Ieu rame lur: ALASAN PERTAMINA TENTANG KELANGKAAN BBM ! KUNAON TAH ?

Selain itu, ia menyarankan agar Polri menerapkan pemberlakuan SIM seumur hidup. Namun, menurutnya Polri memberlakukan aturan yang ketat dan tegas misalnya dengan mencabut SIM bagi pengemudi yang sudah berkali-kali melakukan pelanggaran lalu lintas. “Pemegang SIM yang melakukan pelanggaran harus dikenakan hukuman berat, misalnya menabrak hingga menewaskan korban, SIM nya harus dicabut selama 20 tahun,” tandasnya.

Sebagai informasi, pihak Kepolisian akan memberlakukan pengklasifikasian aturan SIM C berdasarkan kategori kapasitas mesin motor (CC). Tiga golongan SIM C itu pertama SIM C untuk sepeda motor berkapasitas mesin kurang dari 250 CC, kemudian SIM C1 untuk sepeda motor berkapasitas 250-500 CC, SIM C2 untuk sepeda motor berkapasitas mesin 500 CC ke atas. Penggantian SIM C dengan golongan baru akan dimulai serentak Februari – April 2016.

[socialpoll id=”2316593″]


[socialpoll id=”2318163″]

(Bobotoh.id/RF)

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.