BAGAIMANA SESEORANG TIASA MAOT SAAT TIDUR?

Dokter Spesialis Paru dari Rumah Sakit Persahabatan Agus Dwi Susanto mengungkapkan, bisa terjadi pada segala usia. Salah satu penyebab seseorang meninggal , yaitu jika memiliki penyakit sleep apnea atau henti napas saat tidur.

“Tipe sleep apnea yang cukup banyak diderita itu Obstructive Sleep Apnea (OSA), yaitu terjadi penyempitan saluran napas atas. Saat terjadi penyempitan, napas bisa berhenti selama 10 detik saat tidur,” terang Agus, Selasa (19/1/2015).

Agus menjelaskan, napas berhenti karena penyempitan di saluran napas atas menyebabkan oksigen tidak bisa lewat. Akibatnya, tidak ada udara ke paru-paru dan oksigen berkurang di seluruh tubuh, termasuk ke jantung dan otak. OSA pun biasanya terjadi lebih dari lima kali dalam satu jam.

“Kalau orang punya sakit jantung, kalau saat tidur kekurangan oksigen terus menerus karena OSA, jantungnya juga berhenti sehingga bisa menyebabkan kematian,” ujar Agus. Bertahun-tahun mengalami henti napas saat tidur juga bisa menyebabkan seseorang berisiko terkena stroke dan penyakit jantung koroner.

Sayangnya, banyak orang tak menyadari sering mengalami henti napas saat tidur. Faktor risiko sleep apnea antara lain, kelebihan berat badan, lingkar leher terlalu besar, kelainan saluran napas atas, peradangan saluran napas, merokok, hingga memiliki penyakit paru kronik seperti asma.

Tenjo oge Lurr.. (KUMAHA KONDISI MENTERI SUSI SETELAH DITINGGAL ANAKNYA ?)

Seperti diberitakan sebelumnya, Putra Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Panji Hilmansyah (31) diketahui meninggal dunia saat sedang tidur. Keluarga menduga Panji menderita gagal jantung. (Bobotoh.id/BBS/kompas.com)

[socialpoll id=”2325289″]
[socialpoll id=”2324891″]

 

 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.