BERKAT BROTLI, GOOGLE CHROME LEUWIH HEMAT KUOTA INTERNET

Sebagaimana dilansir Nextren dari PhoneArena, Kamis (21/1/2016), raksasa mesin pencari ini mengumumkan mereka akan mengadopsi teknologi kompresi . Dasarnya, bagaimana membuat konsumsi kuota internet kita semakin mengecil. Meskipun gadget yang ada saat ini semakin canggih, tak bisa dipungkiri bahwa ongkos untuk mengakses internetnya masih tetap mahal.

Jika proses adopsi sudah selesai, maka pengguna bakal menghemat banyak bandwidth ketika memakainya menjelajah berbagai situs di internet. Brotli merupakan algoritma yang diluncurkan Google sebagai sebuah proyek open source pada September 2015 silam.

Saat diterapkan di Google Chrome, Brotli bisa menghemat kuota internet antara 17 hingga 25 persen dibandingkan dengan algoritma kompresi gzip yang digunakan saat ini. Khusus untuk pengguna Android, algoritma ini juga berpengaruh pada daya tahan baterai. Dengan konsumsi data yang lebih minimal, baterai jadi lebih awet.

Tenjo oge Lurr.. (INTERNETAN DI BROWSER IEU BISA HEMAT DATA 70 PERSEN LUR !)

Namun kompresi ini masih punya kekurangan. Meski hemat, Brotli cenderung membuat pemuatan halaman web jadi lebih lambat, terutama ketika resource mesti diambil dari server. Brotli akan mulai dirilis dalam pembaruan Google Chrome berikutnya untuk Windows, Mac, Linux, Chrome OS dan Android. (Bobotoh.id/BBS/kompas.com)

[socialpoll id=”2325581″]

[socialpoll id=”2324891″]

 

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.