BNN TEWAK BANDAR NARKOBA BERASET MILIARAN JEUNG GUNAKEUN SMS BANKING

“Penangkapannya terkait peredaran narkotika di daerah Surabaya, Jakarta, Cilacap, Tebing Tinggi, dan beberapa daerah lainnya,” dalam jumpa pers di kantor , Jakarta Timur, Selasa (26/1/2016). GP dapat dibekuk setelah petugas mengembangkan jaringan Pony Chandra yang telah mendekam di balik Lapas Cipinang.

BNN menyita aset sebanyak Rp 17 miliar dari tersangka GP, yang diduga hasil tindak pidana pencucian uang (TPPU) dari menjual narkotika. GP diketahui menjadi distributor narkoba milik Pony untuk diedarkan lagi. Pelaku menggunakan sistem pembayaran seperti sms banking untuk membayar narkoba dari jaringan yang ada

“Ini bukti lapas masih digunakan untuk mengendalikan jaringan narkotika,” ujar Kepala BNN Komjen Budi Waseso.

Tak hanya di Lapas Cipinang, GP yang pernah di penjara karena kasus narkotika ini diketahui memiliki keterkaitan dengan jaringan narkoba di lapas lain. Misalnya dengan Sodikin napi di Lapas Maedaeng, Amir Mukhlis napi Lapas Nusakambangan, Boski warga Nepal napi Lapas Nusakambangan, dan Ananta napi di Lapas Cipinang.

Tenjo oge Lurr.. (4 PELAKU PEMBACOK PULISI YANG GEREBEK PESTA NARKOBA DITEWAK)

Tersangka GP melakukan tindak pidana pencucian uang dari bisnis narkotika sejak tahun 2000 sampai dengan 2014 dengan mengedarkan jenis narkotika berupa sabu dan ekstasi. Hasil keuntungan dari bisnis narkotika digunakan GP untuk membuka usaha penggilingan padi dan jual-beli beras serta alat angkut berupa truk dan tronton di Sumatera Utara.

Berbagai aset GP yang terkait uang hasil narkoba telah disita BNN, misalnya perusahaan pelaku, mobil, uang tunai dan rekening, dan lainnya.

Atas perbuatannya GP dikenakan Pasal 137 huruf A dan huruf B UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan Pasal 3 dan Pasal 4 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang,karena diduga telah melakukan perbuatan melawan hukum menyimpan, mentransfer, menerima, dan menikmati uang hasil kejahatan narkotika. (Bobotoh.id/BBS/Kompas.com)

[socialpoll id=”2326861″]

[socialpoll id=”2326739″]

 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.