CIIIK.. SABAHARA KAPASITAS OTAK MANUSIA TEH LURR.. | AYA SA GIGA?

Siapkan harddisk 1 terabyte sebanyak 1.000 buah kalau kamu ingin memindahkan isi pikiran seseorang ke komputer. Ini karena ternyata mencapai 1 petabyte, atau sama dengan 1 juta (1.000 terabyte). Hal tersebut diungkapkan oleh sebuah riset oleh Salk Institute for Biological Research Studies, sebagaimana dirangkum oleh Nextren dari Popular Science, Minggu (24/1/2016).

“Pengukuran terbaru kami menunjukkan bahwa kapasitas otak manusia 10 kali lebih tinggi dari perkiran sebelumnya, hingga paling tidak satu petabyte,” ujar Terry Sejnowski dari Salk Institute.

Para peneliti menemukan bahwa tiap sinapsis (struktur antara satu sel syaraf, neuron, dengan yang lainnya) secara rata-rata bisa menyimpan informasi sebesar 4,7 bit.

 

02

Sambungan yang diperantarai sinapsis inilah yang berfungsi menyimpan memori di otak, yakni sebagai pola sinyal listrik yang mengalir di dalam dan di antara neuron.Menggunakan otak tikus sebagai acuan, tim peneliti menemukan bahwa sebuah axon (ujung pengirim sinyal listrik) pada sebuah neuron kadang membentuk dua sinapsis yang tersambung pada sebuah dendrit (ujung penerima sinyal listrik) neuron lain.

Tenjo oge Lurr.. (TAH IEU LUR ! 6 CARA BERMANFAAT KEUR MEMPERTAJAM INGATAN OTAK !)

Ukuran sinapsis-sinapsis ini ternyata bervariasi dan menentukan besarnya memori yang bisa disimpan. Di hippocampus (bagian otak yang berperan menyimpan ingatan jangka pangang) saja terdapat 26 ukuran sinapsis yang perbedaan ukurannya sekitar 8 persen.

Temuan Salk Institute di atas ikut membuka jalan untuk menyibak misteri di balik efisiensi daya otak manusia. Organ sentral tersebut diketahui hanya mengkonsumsi daya listrik setara 20 watt ketika sedang terbangun dan aktif.

Boleh jadi, hal ini nantinya akan mewujud dalam rancangan komputer yang sangat presisi namun hemat daya, serta bisa belajar dan menganalisa seperti otak manusia.  (Bobotoh.id/nextren)

[socialpoll id=”2326208″]

[socialpoll id=”2324516″]

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.