EH.. KADE LUR ! TERNYATA NGUMBAH DAGING TÉH BERBAHAYA !

Mencuci atau ayam mentah dengan air agar tidak beku dan mudah dipotong sepertinya sudah lumrah dilakukan sebelum kita memasaknya. mentah tersebut kemudian dicuci dengan air agar bersih. Namun, tahukah anda jika sebenarnya kebiasaan tersebut sangat salah dan berdampak buruk bagi ? Seperti dikutip dari liputan6, berikut merupakan ulasannya:

Ieu rame lur: APPI TEU APAL STATUTA !! KATA KETUM PSSI !!

Tidak baik dan berbahaya, kok bisa?

Tampak sepele dan belum semua orang paham atau tahu kalau ternyata kebiasaan mencuci daging dan ayam mentah dapat menyebabkan penyakit. Penyakit tersebut bisa datang menghampiri jika kita terus melakukan kebiasaan mencuci daging atau ayam sebelum dimasak. Studi terbaru mengatakan bakteri jahat di dalamnya mampu menyebar ke peralatan dapur dan makan juga pakaian kita.

Jennifer Quinlan dari Departemen Pertanian AS juga membenarkan jika mencuci unggas mentah bisa sangat berbahaya karena meningkatkan penyebaran bakteri di dapur.

“Mencuci unggas tidak akan menyingkirkan bakteri di dalamnya, justru ada kemungkinan bahwa bakteri akan tersebar atau disebut juga aerosolisasi (red. Aerosolisasi terjadi ketika virus ada di udara, hal ini membuat virus mudah terhirup manusia),” kata Quinlan dalam sebuah video yang didapat dari laman Foxnews.

Jadi, bagaimana cara baik mengolah daging dan ayam mentah yang baik bagi kesehatan?

Daging memiliki protein yang tinggi dan kaya akan vitamin seperti vitamin A, vitamin B3, vitamin B5, dan vitamin B6 yang sangat baik untuk tubuh kita. Nah, tentu kita tidak ingin nutrisi baik itu hilang begitu saja bahkan tidak sehat untuk kesehatan bukan?

Mulai dari sekarang berhenti melakukan kebiasaan mencuci daging atau ayam mentah dengan air. Sebagai gantinya, coba lakukan 3 langkah mudah di bawah berikut ini:

1. Cuci tangan Anda dengan bersih menggunakan sabun dan air hangat sebelum dan setelah menyentuh daging atau ayam mentah dan peralatan masak. Pakai handuk bersih untuk mengeringkan tangan dan memutar tutup keran.

2. Pisahkan peralatan dan buat peralatan masing-masing yang berbeda, mana yang untuk mengelola daging mentah dan mana yang digunakan untuk sayuran dan buah-buahan, supaya bakteri tidak ikut tersebar ke makanan lainnya.

3. Cukup rebus ayam atau daging selama sepuluh menit, kemudian buang air rebusan dan rebus lagi bahan dengan air yang baru. (Bobotoh.id/RF)

[socialpoll id=”2324563″]


 

[socialpoll id=”2322831″]

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.