FILM ‘SENYAP’ MERAIH NOMINASI OSCAR 2016, IEU KOMENTAR SANG SUTRADARA

Kami tidak akan bisa membuat film ini tanpa awak Indonesia anonim kami dan sosok protagonis lembut kami, Adi Rukun, yang mempertaruhkan hidup untuk berbagi kisah mereka. Walaupun genosida ini sudah terjadi berpuluh tahun lalu, peristiwa ini belum selesai bagi para korban karena pelaku-pelaku masih memegang kekuasaan dan jutaan orang masih hidup dalam ketakutan,” tulis  Oppenheimer, sutradara asal Denmark.

Ia kemudian melanjutkan: “The Act of Killing membantu mengubah cara Indonesia berbicara tentang masa lalu. The Look of Silence membantu Indonesia mengungkapkan kerinduan atas kebenaran, keadilan, dan rekonsiliasi. Kami berharap nominasi ini membantu membuat mimpi ini menjadi kenyataan.”

Setelah meraih nominasi Academy Awards atau populer disebut  pada 2014 lalu dengan film Jagal—berjudul internasional The Act of Killing—karya lainnya kembali diganjar menjadi salah satu nomine Oscar 2016.

Senyap—berjudul internasional The Look of Silence—yang fokus mendokumentasikan upaya penelusuran seorang Adi Rukun atas nasib kakaknya yang menjadi korban peristiwa pembunuhan besar-besaran pada 1965 berhasil meraih nominasi Best Documentary Featurepada Oscar 2016 bersama empat film lainnya..

 

 

 

Melalui akun Facebook miliknya, Joshua mengungkapkan rasa syukurnya atas apresiasi yang didapat film dokumenter garapannya. Ia juga mengutarakan rasa salutnya terhadap warga negara Indonesia yang membantu menggarap .

Senyap meraih nomine Best Documentary Feature pada Oscar 2016 bersama empat film lainnya, yaitu Amy garapan Asif Kapadia dan James Gay-Rees; Cartel Land karya  Matthew Heineman dan Tom Yellin; What Happened, Miss Simone? milik Liz Garbus, Amy Hobby dan Justin Wilkes; serta Winter on Fire: Ukraine’s Fight for Freedom garapan Evgeny Afineevsky dan Den Tolmor. Bertepatan dengan Hari HAM Sedunia pada 10 Desember tahun lalu, film dokumenter Senyap dipastikan bisa diunduh secara gratis melalui situs thelookofsilence.vhx.tv dan bisa disimak secara bebas di akun YouTube Jagal Senyap. (Bobotoh.id/BBS/rollingstoneindonesia.co.id)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.