GUA DI IRLANDIA IEU, TEMPAT NGABANTAI BANGSA VIKING

Di Irlandia, ada sebuah gua ekostis yang banyak dikunjungi turis. Tapi di balik keindahannya, gua itu menyimpan kisah di masa lalu. Gua Dunmore letaknya 10 km dari pusat Kota Kilkenny, Irlandia. Kalau dari Dublin, ibukota Irlandia, jaraknya sekitar 139 km. Perut gua yang menawan serta sejarah yang menyelimutinya, membuat banyak traveler tertarik untuk berkunjung.

Keberadaan Gua Dunmore sudah diketahui sejak ratusan tahun yang lalu. Di dalam gua ada ruangan-ruangan yang terbentuk secara alami dan beberapa formasi batuan kalsit gua terbaik yang ada di Irlandia. Gua Dunmore semakin terkenal ketika masuk dalam sebuah naskah sejarah Irlandia di abad ke-17. Dalam naskah itu tertulis bahwa Gua Dunmore menjadi tempat peperangan, di mana sekitar 1.000 bangsa Viking dibantai di dalam gua tahun 928 Masehi.

 

1

Pertengahan tahun 1800, para arkeolog mengadakan ekspedisi di gua. Ketika menjelajah gua, banyak temuan yang menarik perhatian. Ada emas dan perak, hingga tulang belulang manusia. Penemuan tulang belulang manusia di Gua Dunmore membuat banyak orang semakin yakin kalau di gua tersebut memang pernah ada pembantaian, sesuai yang tertulis di naskah sejarah kuno.

Lebih dari seabad setelah penemuan tersebut, yaitu tahun 1960an, gua akhirnya dibuka untuk wisatawan. Tapi untuk masuk ke dalam gua tidak boleh sembarangan, harus bersama pemandu. Bisa jadi aturan ini ditujukan untuk keamanan para pengunjung.

 

3

Di kawasan objek wisata gua, ada gedung pusat pengunjung yang dilengkapi dengan area pameran, ruangan audio visual dan kafe. Di sana, traveler bisa mendapat informasi lengkap mengenai ekologi, mitos dan sejarah Gua Dunmore, sebelum benar-benar masuk ke gua. (Bobotoh.id/detik.com)

[socialpoll id=”2324723″]

[socialpoll id=”2322831″]

 

 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.