LEGO AMBÉK PRODUKNA DIPAKE JEUNG AKSI PULITIK KU SENIMAN CINA | EMANG BISA?

Pada bulan Oktober tahun lalu, menuduh melakukan sensor dengan menolak penjualan keping-keping itu secara langsung kepada dirinya. Saat itu beralasan, perusahaan itu memiliki kebijakan untuk tidak melayani pesanan produk yang akan digunakan untuk suatu pernyataan politik.  adalah perupa kontemporer terkemuka dunia yang dikenal kritis terhadap pemerintah .

1

Saat itu ia bermaksud membuat sebuah karya seni terkait pembangkangan politik untuk sebuah pameran di Melbourne. Seniman Cina ini akhirnya menggunakan kepingan-kepingan dari warga Australia yang menggalang pengumpulan kepingan-kepingan itu. Dalam sebuah pernyataan yang dimuat di situsnya, Selasa (12/1), Lego mengungkapkan bahwa dulu mereka meminta pemesan pembelian massal untuk menjelaskan “tujuan tematik” proyek mereka, karena tidak ingin “secara aktif mendukung atau menyetujui agenda tertentu”.

“Namun, pedoman tersebut dapat mengakibatkan kesalahpahaman atau dianggap tidak konsisten, dan oleh karena itu Lego Group telah menyesuaikan pedoman untuk penjualan keping Lego dalam jumlah yang sangat besar,” katanya. Kini perusahaan itu hanya akan meminta pemesan untuk menegaskan bahwa Lego tidak mendukung atau menyokong haluan politik dari proyek-proyek yang menggunakan kepingan itu -jika dipamerkan untuk umum.

4

Keputusan Lego sebelumnya yang menolak pesanan Ai Wei Wei membuat sang seniman marah, dan menuduh perusahaan itu melakukan tindakan sensor dan diskriminasi, dan berupaya untuk mengekang seni politik. Seniman itu juga mengaitkan sikap Lego itu dengan rencana pembangunan Legoland baru di Shanghai. Kontroversi itu telah memicu reaksi publik yang mengakibatkan sejumlah pendukung Ai Wei Wei di seluruh dunia menawarkan untuk menyumbangkan keping-keping mainan tersebut.

Ai Wei Wei menata “pos-pos Lego” di berbagai kota, dan akhirnya membuat sebuah seri baru karya seni yang didasarkan pada peristiwa atau kejadian seperti komentarnya soal kebebasan berbicara dan seni politik. (Bobotoh.id/BBS/cnnindonesia)

[socialpoll id=”2323529″]


 

[socialpoll id=”2318163″]

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.