LIMA HAL PERLU ANJEUN KETAHUI SOAL KRISIS SAMPAH DI INDONESIA LURR.. (BAG. 1)

Universitas Georgia yang dirilis tahun lalu menemukan lautan di ialah perairan kedua di dunia yang menyimpan plastik terbanyak. R Sudirman, selaku Direktur Pengelolaan di Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, mengatakan predikat itu sungguh memalukan. “Kita malu. Berita di media bahwa Indonesia penyumbang terbesar ke laut nomor dua setelah Cina, malu kita,” katanya. Kajian lain, yang dilakoni lembaga Ocean Conservancy, menemukan bahwa 28% ikan-ikan di Indonesia mengandung plastik.

2

Temuan itu tak mengherankan saat bertolak 50 kilometer lepas pantai Jakarta. Pantai-pantai di Kepulauan Seribu yang dulunya indah, kini tertutup oleh sampah. Pulau Tidang, yang mengandalkan sektor pariwisata, misalnya, penuh sampah sehingga ketika berenang di sini seperti berenang di lautan plastik. Dadeng Solengkar bekerja sebagai pemandu pariwisata.

4

Dia mendirikan sebuah kelompok pecinta lingkungan berisi anak-anak muda, namun kini dia mengaku merasa tidak berdaya.

3

“Sebagian besar sampah di pantai kami berasal dari Jakarta mengingat di sana ada sebanyak 12 sungai yang penuh sampah mengalir ke laut. Setiap tahun, khususnya bulan Desember, pulau kami dibanjiri sampah. Kami menyebutnya musim sampah. Saya sangat takut apa yang akan terjadi dalam lima tahun mendatang jika tidak ada sesuatu yang dilakukan.”

2. Setiap hari tumpukan sampah setinggi Candi Borobudur dibuang di Bantar Gebang

5

“Jakarta menyumbang satu Candi Borobudur per dua hari, sebesar itu sampah yang disumbangkan masyarakat Jakarta di Bantar Gebang,” kata Mohamad Bijaksana Junerosano dari perusahaan Waste4change. Tenjo oge Lurr.. (BERBEKAL PENGETAHUAN TI INTERNET, LALAKI IEU UBAH SAMPAH PLASTIK JADI BBM)

6

Setahun lalu, Junerosano mendirikan perusahaan daur ulang tersebut. Jarak kantornya dengan Bantar Gebang hanya lima menit, tapi terasa seperti dua dunia yang berbeda.Sejumlah perusahaan dan kompleks perumahan membayar perusahaan yang didirikan Junerosano untuk memungut sampah mereka dan mendaur ulangnya.“Kami membangun sebuah fasilitas namanya rumah pemulihan material.

7

Bagaimana kita melihat sampah, bisa dikelola menjadi material baru. Caranya adalah dengan disortir lebih mendetil,” kata Junerosano. (Bobotoh.id/BBS/bbcindonesia)

[socialpoll id=”[socialpoll id=”2319838″]


 

[socialpoll id=”2318163″]

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.