LIMBAH B3 DIPAKE UKM UNTUK BAHAN KERAJINAN | HAYYAAAH…

Badan Lingkungan Hidup (BLH) mencurigai penggunaan bahan baku kerajinan yang dihasilkan oleh UKM memakai bahan-bahan dan (). Dalam sehari, jumlah berbentuk bekas komputer, telepon genggam, aki bekas, televisi bekas, kulkas, dan sejenisnya itu diperkirakan lebih dari satu ton. Pelaku UKM mengambil komponen yang masih berguna seperti tembaga dan komponen lainnya untuk direproduksi lagi menjadi produk kerajinan,” kata Kepala BLH Jawa Timur, Bambang Sadono.

Sejak kemarin, dia sudah menerjunkan tim untuk mendeteksi daerah mana saja yang memanfaatkan limbah B3 itu. “Masuknya dari berbagai daerah di luar Jawa, kami sulit mendeteksinya,” kata Bambang.  Limbah B3 yang dihasilkan industri di Jawa Timur setiap hari mencapai 1,4 juta ton. Karena, belum memiliki instalasi khusus pengolahan limbah B3, barang-barang berbahaya tersebut dibuang ke Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Menurut Bambang, pelaku industri sebenarnya merasa keberatan, karena biaya pengiriman barang ke Bogor cukup tinggi. “Karena itu, saat ini sedang dipelajari untuk membangun instalasi pengolahan limbah B3 di Mojokerto. Kami sudah siapkan lahan 50 hektare, tapi masih menunggu persetujuan pemerintah pusat,” ujar dia.

Limbah B3, selain akan menimbulkan gangguan lingkungan seperti merusak sumber air bersih dan udara, juga berpotensi mengganggu kesehatan warga di sekitar lokasi pembuangan. (Bobotoh.id/BBS/kompas)

[socialpoll id=”[socialpoll id=”2321573″]


 

[socialpoll id=”2318163″]

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.