MENOONG SEPAK BOLA DI NEGARA KANADA !! | Hamzah, Kontributor BID di Kanada

Kanada, apa itu ? adalah negara yang letaknya di Benua Amerika atau tepatnya berada di wilayah Amerika Utara. Ibu kotanya Ottawa dan kota terbesarnya adalah Toronto, keduanya terletak di provinsi Ontario. mempunyai 10 provinsi dan 3 teritori. Secara geografis besarnya hampir seperti Indonesia hanya saja yang membedakan adalah seluruh provinsi bersatu tidak seperti Indonesia yang sebagiannya terpisah oleh laut.

Populasi di Kanada terdominasi oleh orang-orang dari berbagai suku, budaya, agama, dan negara. Yang mana itu menjadikan Kanada sebagai salah satu negara multikultural terbesar. Oleh sebab itu banyak sekali makanan, olahraga, musik, entertainmen, fashion style dari berbagai negara. Namun, meskipun banyak sekali perbedaan di negara Kanada, budaya yang paling menonjol tetaplah budaya barat. Contohnya musik rap, pakaian atau style low rider, hip hop, olahraga hockey, baseball, football amerika, rugby dan lain-lain. Kita tidakalan membahas lebih banyak tentang ini, karena berhubung berada di dunia Persib jadi kita akan membahas tentang di Kanada.

Jadi bagaimanakah keadaan sepak bola di Kanada? Jujur saja, semenjak pertama saya tiba di Kanada, saya jarang sekali melihat sepak bola karena olah raga yang paling populer di Kanada adalah hoki es. Itu disebabkan oleh cuaca Kanada yang dingin. Tapi setelah waktu bersilang saya melihat juga orang-orang yang bermain sepak bola. Terutama di high school saya, tapi lucunya kebanyakan orang-orang yang bermain sepak bola bukan orang asli daerah Amerika Utara, melainkan orang-orang dari negara lain. Seperti pendapat seorang penulis majalah terkenal di Kanada, Macleans.ca, Colin Campbell, “Maybe the biggest problem with soccer is that despite the participation rates, it’s still perceived as an outsider’s sport here. Young athletes tend to gravitate to homegrown sports” ( Mungkin masalah terbesar dengan sepak bola adalah bahwa meskipun tingkat partisipasi yang lumayan besar, namun tetap saja itu masih dianggap sebagai olahraga asing disini. Atlet muda cenderung tertarik dengan olahraga yang mereka mainkan di sekitar mereka.)

HAMZAH2

Yang sangat menarik disini adalah sepak bola di Kanada lebih populer di kalangan wanita, oleh karena itu tim sepak bola wanita Kanada lebih berjaya daripada laki-laki. Mereka sudah memenangkan beberapa medali olimpiade. Apalagi tahun sekarang mereka baru saja menjadi host Piala Dunia Wanita, meskipun mereka kalah di quarter final tapi antusiasme warga Kanada terhadap mereka sangat besar. Seperti yang dikatakan oleh marketer eventnya, Sandra Gage, “This will be the first time a competition in this country will be held from coast-to-coast, so that by itself is helping to unite the country. Furthermore, our women’s team frequently outdraws our men’s team, so there is a lot of support for these particular players. (Ini akan menjadi pertama kalinya kompetisi di negeri ini akan diselenggarakan dari pesisir-ke-pesisir, sehingga dengan itu akan membantu untuk menyatukan masyarakat. Apalagi, tim wanita kita lebih populer dari tim pria kita, sehingga ada banyak dukungan bagi mereka.) Orang-orang sangat mendukung mereka dengan penuh hati.

Bila penasaran dan tidak percaya, bisa mencoba bermain FIFA 16, disana ada tim sepak bola wanita Kanada. (Hamzah/bobotoh asal Kanada)

Penulis adalah seorang bobotoh yang sedang menimba ilmu di Kanada| Isi tulisan diluar tanggung jawab redaksi | Hatur nuhun


 

Jika bobotoh mempunyai tulisan dan ingin ditayangkan di website bobotoh.id silahkan kirim melalui email : idbobotoh@gmail.com disertai nama lengkap, akun twitter dan foto. 

Komentar

Helmi M. Permana

Orang Bandung, suka foto, suka bola, & suka musik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.