NASKAH AL-QUR’AN JAMAN ROSULULLAH DITEMUKAN ! SAHA PENULISNA ?

Sebuah lembaga terkemuka di Uni Emirat Arab (UAE) menyerukan penelitian lebih dalam terkait sebuah naskah Alquran yang diduga tertua untuk mengungkap identitas penulis sebenarnya.

Naskah Alquran tertua yang saat ini tersimpan di Universitas Birmingham tersebut, diketahui berasal dari periode awal Nabi Muhammad 568 dan 645 Masehi dari analisis radiokarbon. Direktur Manajemen Yayasan Mohammad Bin Rashid Al Maktoum, Jamal Bin Huwaireb menjadi orang yang bertanggung jawab menjalankan proyek penelitian naskah Al Quran yang dianggap tertua ini. Kepada Gulf News, Huwaireb mengatakan hasil analisis radiokarbin terhadap naskah Al Quran tersebut berasal dari tahun 568 dan 645 masehi dengan akurasi 95,4 persen.

Ieu rame lur: MANAJEMEN UNGKAP IRAHA LAUNCHING JERSEY PERSIB 2016 !

Radiokarbon sebuah metode penanggalan radiometrik yang menggunakan isotop karbon-14 (14C) untuk menentukan usia material bahan organik (karbonaseous) dengan batasan sampai sekitar 60.000 tahun dari saat ini. Penanggalan naskah Alquran tertua tersebut diketahui berasal dari masa kehidupan Nabi Muhammad SAW (570-632 masehi).

“Kami perlu mempelajari naskah tulisan tangan ini lebih lanjut, karena naskah Alquran ini tampaknya telah ditulis untuk seseorang yang penting, dan ditulis oleh anggota masyarakat kelas atas yang juga orang terdidik,” kata Huwaireb, Ahad (24/1) dikutip dari viva.co.id.

Tes radiokarbon ini dilakukan di laboratorium di Universitas Oxford, yang sebelumnya juga dilakukan untuk mengetahui penanggalan sisa tulang benulang dari Raja Inggris Richard III (1483-1485). “Ini adalah salinan pertama dari Alqur’an dan, dari penelitian saya menyimpulkan bahwa itu bisa saja ditulis oleh seseorang yang sangat dekat dengan Abu Bakar Al Siddiq. Saya pikir itu bisa saja ditulis oleh Zaid Bin Tsabit, “katanya.

Abu Bakar As Siddiq adalah khalifah pertama (632-634 masehi), setelah sepeninggal Nabi Muhammad SAW dan. Abu Bakar As Siddiq juga salah satu sahabat dekat Nabi Muhammad, yang dikisahkan pernah mendengar langsung ayat Alquran dari lisan Nabi Muhammad semasa hidupnya. (Bobotoh.id/RF)

[socialpoll id=”2325963″]

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.