PAUL KANTNER TI JEFFERSON AIRPLANE TUTUP USIA LURR..

Anggota grup psychedelic rock , , meninggal dunia di usianya yang ke-74 tahun setelah mengalami serangan jantung. Seorang teman lamanya, Cynthia Bowman mengabarkan San Fransisco Chronicle, kematian Kantner diakibatkan kegagalan beberapa organ. Ia pun diketahui memang memiliki masalah dengan kesehatan jantungnya, termasuk serangan jantung yang pernah terjadi tahun lalu.

Kantner merupakan gitaris dan vokalis band tersebut. Selain itu, Kantner merupakan sosok yang berperan besar dalam terbentuknya Jefferson Airplane pada 1965 bersama Marty Balin. Pada 1969, bandnya menjadi salah satu pengisi dalam festival musik ikonik Woodstock, demikian menurut Pitchfork.

Sebelumnya Jefferson Airplane dikenal melalui hits-nya, “White Rabbit” dan “Somebody To Love”. Setelah merilis tujuh buah album, akhirnya mereka bubar pada 1973. Berjarak setahun setelah bandnya bubar, Kantner membuat versi baru dari band lamanya yang ia namakan Jefferson Starship bersama mantan rekan bandnya, Grace Slick.

Starship sempat mengalami beberapa kali pergantian formasi. Mereka telah merilis 10 buah album sepanjang karier mereka. Pada 1989, Jefferson Airplane bersatu kembali dan merilis album barunya. Sementara itu, Jefferson Starship masih tetap berjalan.

Jefferson Airplane menjadi bagian dari Rock and Roll Hall of Fame pada 1996. Dikutip Entertainment Weekly, Jefferson Airplane baru saja menerima penghargaan Lifetime Achievement Awards dari Grammy tahun ini, sebagai artis “yang telah memberikan kontribusi artistik penting dalam dunia rekaman” bersama Earth Wind & Fire. (Bobotoh.id/BBS/rollingstone.co.id)

[socialpoll id=”2328101″]
[socialpoll id=”2326782″]

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.