PENCAKAR LANGIT TINA KAYU PERTAMA SA-ALAM DUNYA SIAP DIBANGUN DI AS

“Kami tertarik pada proyek ini karena ingin mengeksplor hubungan antara material, pengalaman, dan lingkungan serta bagaimana cara kami membuat dampak atas kehidupan dan lingkungan dalam sebuah kesatuan,” kata pendiri Lever Architecture, Thomas Robinson, dikutip Kompas.com. Pembangunan gedung bermaterial kayu ini memiliki banyak manfaat, yakni emisi karbon lebih rendah dan penggunaan energi jauh lebih minim apabila dibandingkan dengan gedung serupa yang terbuat dari bahan-bahan pada umumnya.

Material kayu kini bukan hanya dijadikan bahan untuk lantai, pintu, dan furnitur saja, tetapi juga sebagai bahan utama pembangunan gedung bertingkat. Salah satunya adalah proyek di Amerika Serikat yang akan dimulai Oktober tahun ini di Portland, Oregon. Pembangunan gedung multifungsi berlantai 12 ini merupakan kolaborasi antara firma lokal Lever Architecture dan pengembang properti.

Di dalam gedung terdapat ruang komunitas dengan ketinggian dua kali untuk menampilkan pameran publik berupa dokumentasi pembuatan gedung dan dampaknya serta sebuah teras taman di lantai dua. Sementara itu aneka macam ritel berada di lantai dasar, sedangkan lima lantai di atas akan berupa perkantoran dan lima lantai lagi apartemen yang terjangkau.

Tenjo oge Lurr.. (SHANGHAI TOWER RESMI JADI GEDUNG KADUA PANG JANGKUNGNA SA-ALAM DUNYA)

Awal tahun ini, Departemen Pertanian Amerika Serikat mengumumkan kompetisi desain bangunan kayu tinggi dengan hadiah 1,5 juta dollar Amerika Serikat atau lebih dari Rp 20 miliar yang digunakan untuk pengembangan dan penelitian lebih lanjut. Gedung ini diperkirakan akan selesai pada Desember 2017. Ucap Robinson. (Bobotoh.id/BBS)

[socialpoll id=”2324214″]

[socialpoll id=”2321497″]

 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.