PESBUK BANGUN PUSAT DATA CANGGIH DI IRLANDIA

Raksasa jejaring sosial sedang dalam proses pendirian pusat data kedua yang letaknya di luar Amerika Serikat. Pusat data yang diklaim ini ini akan berlokasi di Clonee, . Pusat data baru akan dilengkapi dengan server dan ruang penyimpanan dari Open Compute Project (OCP), sebuah inisiatif milik perusahaan yang berbagi desain sebagai sumber terbuka dengan operator pusat data lain untuk membakukan dan menurunkan biaya perlengkapan.

“Kami akan melengkapi pusat data ini dengan server OCP dan perangkat penyimpanan terbaru, termasuk Yosemite,” tulis Vice President of Engineering, Jay Parikh dalam publikasi resmi perusahaan.Mengitup situs PC World, Yosemite sendiri adalah kerangka modular terbuka untuk mikroserver bertenaga tinggi yang dirancang sendiri oleh Facebook.

Parikh menyambung, pusat data di Clonee akan berjalan menggunakan energi terbarukan dengan memanfaatkan pasokan angin kencang di daerah setempat.

“Ini akan membantu kami mencapai target untuk menghidupi infrastruktur dengan energi terbarukan sebanyak 50 persen hingga penghujung 2018,” tambahnya.

Mendirikan pusat data di Irlandia juga diyakini bisa membantu Facebook memenuhi permintaan lokal bahwa data konsumen harus tetap berada di dalam wilayah Eropa.

Diketahui pada Oktober 2015 Pengadilan Kehakiman Uni Eropa memutuskan bahwa persetujuan yang mengatur transfer data pribadi antara pihak AS dan Uni Eropa tidak valid.

Ieu rame Lurr.. (FACEBOOK JEUNG WHATSAPP BERBAGI DATA?)

Mengingat Irlandia menjadi markas internasional Facebook sejak 2009, pendirian pusat data di Clonee ini menurut wakil presiden divisi infrastruktur Tom Furlong, mampu melanjutkan investasi signifikan perusahaan di Irlandia dan Eropa.

Pusat data di Irlandia menjadi yang keenam dalam skala global. Sementara pusat data pertama yang berada di luar AS terletak di Lulea, Swedia. Di Swedia, perusahaan memanfaatkan suhu udara yang dingin untuk memangkas energi yang dibutuhkan demi mendinginkan pusat data.  (Bobotoh.id/CNNIndonesia.com)

[socialpoll id=”2328151″]

[socialpoll id=”2326782″]

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.