ROBOT IEU BISA BERESKEUN RUBIK DALAM 1 DETIK | EDUUNN..

Dua orang ilmuwan bernama Jay Flatland dan Paul Rose, baru baru ini menciptakan robotuntuk menyelesaikan permainan ’s Cube. tersebut, dikutip Digital Trends, Selasa (26/1/2016), “diperintahkan” untuk menyelesaikan Rubik’s Cube sebanyak empat kali.

Uniknya, waktu yang dibutuhkan oleh robot tersebut sangat konsisten, yakni di bawah dua detik. Pengujian mencatat waktu 1,196 detik, 1,152 detik, 1,047 detik, dan 1,019 detik. Robot ini tentunya tidak hanya mampu mengatasi rekor manusia, tetapi juga rekor mesin serupa di tahun 2014 lalu yang memiliki catatan waktu 3,253 detik.

Sebelumnya rekor dunia tercepat manusia untuk penyelesaian puzzle warna itu baru di angka 4,904 detik.

 

Robot Sederhana

Robot ciptaan dua ilmuwan ini pun terbilang cukup sederhana. Ia terdiri dari stepper motor, frame yang dicetak menggunakan printer 3D, dan empat webcam USB yang dihubungkan ke PC.

Cara kerja robot itu kira-kira seperti ini. Empat kamera tersebut akan memindai Rubic’s Cube untuk menentukan letak-letak warna. Kemudian, data tersebut akan dikirimkan ke software Kociemba Rubik’s Cube, yang mampu mencari solusi tercepat menyelesaikan sebuah Cube.

Setelah itu, PC akan mengirimkan perintah berupa solusi tersebut kembali ke robot. Akhirnya, robot akan menyelesaikan puzzle tersebut. Oleh karena itu, agar robot bisa menyelesaikan sebuah puzzle, keempat kamera perangkat harus bisa “melihat” dan memindai warna yang ada di Cube.

Sayangnya, hingga saat ini, Flatland dan Rose belum mendaftarkan rekor tersebut ke Lembaga Rekor Dunia. Mereka mengaku baru akan melakukannya dalam waktu dekat ini. (Bobotoh.id/BBS/nextren)

[socialpoll id=”2327027″]

[socialpoll id=”2323984″]

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.