SAFIR TERBESAR SA-ALAM DUNYA DITEMUKAN DI SRILANKA LURR..

Institut gemologi di ibukota Kolombo telah resmi mengukuhkan bahwa permata tersebut beratnya 1404,49 karat dan mereka mengatakan belum pernah memberi sertifikat untuk sesuatu yang lebih besar daripada itu. Para ahli permata di Sri Lanka mengklaim bahwa mereka menemukan biru di sebuah tambang di negeri tersebut.

Permata itu dihargai sedikitnya 100 juta dollar AS (sekitar Rp 1,3 triliun). Industri permata negeri itu bernilai setidaknya 103 juta dollar per tahun, dan yang terbesar adalah ekspor safir.

Permata jenis tersebut dinamakan Bintang Safir Biru karena tanda khas di titik pusatnya. “Saat saya melihatnya, saya memutuskan untuk membelinya,” kata pemiliknya, yang ingin tetap anonim, kepada acara BBC World Service Newsday. “Ketika batu itu dibawa ke saya, saya menduga bahwa itu mungkin batu biru safir terbesar di dunia. Jadi saya mengambil risiko dan membelinya.” Pemilik mengatakan “benar-benar rahasia” berapa banyak yang dia bayar untuk permata itu. Pemegang rekor sebelumnya seberat 1.395 karat.

Bintang Adam

Permata baru itu ditambang di kota Ratnapura, di selatan Sri Lanka, yang dikenal sebagai Kota Permata. Batu itu diberi nama Bintang Adam oleh pemiliknya, didasarkan pada keyakinan setempat bahwa Adam tiba di Sri Lanka setelah diusir dari Taman Firdaus. Ia kemudian diyakini tinggal di lereng gunung yang sekarang dikenal sebagai puncak Adam. Pemilik Bintang Adam mengatakan dia membelinya dan berpikir “ini bukan sepotong perhiasan tetapi karya pameran.” Tenjo oge Lurr.. (SUBHANALLAH ! INI BERLIAN MENI BADAG BANGET !)

Saat berbicara kepada BBC, Armil Samoon, seorang pedagang permata dan perhiasan terkemuka di Sri Lanka menegaskan ini adalah batu biru safir bintang terbesar di dunia. Sebuah batu sebesar 17kg yang mengandung safir terungkap pada 2013, tetapi berat akhir dari permata dalam batu itiu belum diketahui. Asosiasi Batu Permata Sri Lanka Gem dan Asosiasi Perhiasan mengatakan pada 2011 bahwa cincin tunangan untuk Catherine Middleton termasuk safir yang ditambang di negara itu pada tahun 1970-an. Cincin itu sebelumnya dimiliki oleh Putri Diana. (Bobotoh.id/BBS/kompas)

[socialpoll id=”[socialpoll id=”2321285″]


 

[socialpoll id=”2317542″]

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.