SERUPUT KOPI ALA TURKI CENAH LURR.. | GEURA TENJO

Minum tidak saja sekedar ritual rutin yang menyenangkan namun juga sebagai pengalaman bagi penikmatnya. Kali ini ada ala Turki yang terinspirasi ketika pemilik Kedai Kimung berkunjung ke Turki pada tahun 2012. Dia meminum di sana dan ada penyajian namanya ibrik. Kemudian dia coba sajikan di sini,” kata Dendi, pemilik kedai ini.  Ia menceritakan jika penyajian kopi dengan gaya Turki bagi dia memiliki keunikan dan perlu dikenal oleh masyarakat Indonesia.

9a

Teko kecil dengan tangkai kayu dan berbahan tembaga berwarna coklat keemasan tersaji di atas meja. Teko tersebut memiliki motif bertitik kuning, hijau, dan merah juga ukiran-ukiran. Di dalamnya terisi kopi berwarna hitam siap untuk diseruput. Itulah kopi ala Turki yang ditawarkan oleh Kedai Kopi Kimung. Supervisor Kedai Kopi Kimung, Dendi Ginanjar mengatakan menu Kopi Ala Turki merupakan salah satu menu yang disajikan untuk para pengunjung.

9c

Penyajian Kopi ala Turki. Pertama-tama, dua sendok bubuk kopi ari biji yang telah dihaluskan ke teko yang bernama ibrik. Satu sendok gula dan sebatang kayu manis kemudian ikut dimasukkan. Untuk menyeduh kopi, gula, dan kayu manis, 150 mililiter air dituangkan ke Ibrik. “Untuk memasak kopi di ibrik, kita tiga kali didihkan. Didihan pertama dan kedua, kita angkat lalu diaduk kemudian didihan ketiga diangkat dan disajikan,” jelas Dendi. Cara menyeruput kopi ala turki pertama kali yakni mengambil ampas kopi yang berada bagian atas dan dimasukkan ke gelas yang berbeda. Kopi yang ada di Ibrik lalu dituangkan dan diaduk bersama ampas kopi. Kopi ala Turki terasa punya ciri khas yakni kental dan nikmat. Tenjo oge Lurr.. (BEUKI NGOPI ?! INI JAM TERBAIK BUAT MINUM KOPI !!)

9b

Untuk harga secangkir Kopi Ala Turki ditawarkan dengan harga Rp 28.000. Kedai Kopi Kimung terletak di Jalan Margonda Raya no 451, Pondok Cina, , Jawa Barat. (Bobotoh.id/BBS/kompas)

[socialpoll id=”[socialpoll id=”2321813″]


[socialpoll id=”2318163″]

 

 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.