YANG PERLU DIKETAHUI ANJEUN SEBELUM BERLANGGANAN NETFLIX

Untuk pasar Indonesia, ada tiga jenis layanan yang bisa dinikmati. Layanan tersebut adalah Basic, Standard, dan Premium. Pelanggan cukup membayar biaya bulanan Rp 109.000 untuk paket Basic, Rp 139.000 untuk paket Standard, dan Rp 169.000 untuk paket Premium.

Perbedaan di antara paket tersebut terletak di resolusi gambar dari sebuah film dan jumlah perangkat yang bisa digunakan untuk menggunakan sebuah akun Netflix secara bersamaan.

Di komputer, TV, dan gadget

Konten dari Netflix sendiri bisa dinikmati dengan mudah melalui beberapa jenis perangkat. Syarat utamanya, perangkat tersebut harus bisa terhubung ke internet untuk kebutuhan streaming. Cara paling standar untuk menikmati layanan tersebut adalah dengan menggunakan browser di PC atau laptop.

Layanan Netflix pun bisa ditonton melalui smartphone dan tablet. Pengguna iPad, iPhone, smartphone, dan tablet berbasis Android, serta smartphone Windows Mobile bisa langsung mengunduh aplikasi Netflix melalui toko digital masing-masing.

Selain itu, aplikasi Netflix juga sudah tersedia di konsol game masa kini. Dirangkum Nextren dari situs resmi Netflix, Kamis (7/1/2015), aplikasi tersebut juga bisa diunduh di konsol Xbox 360, Xbox One, Playstation 3, dan Playstation 4.

Perangkat lain yang bisa digunakan adalah SmartTV. Produk-produk TV buatan vendor-vendor papan atas, seperti Samsung, LG, Panasonic, Toshiba, dan Sony, biasanya memang sudah dilengkapi dengan aplikasi Netflix. Cara lain adalah melalui streaming device (Apple TV dan Google Chromecast), beberapa jenis set-top box, dan Blu-ray player dari vendor tertentu.

Tenjo oge Lurr.. (JUMLAH PENGGUNA NETFLIX MEROKET | WEW…)

Butuh bandwidth besar

Sebagai layanan streaming, sangat wajar apabila Netflix membutuhkan bandwidth internet yang cukup banyak.

Menurut Netflix dalam situs resminya, estimasi paket internet yang dipakai untuk menonton satu film di layanan Netflix memang cukup besar, yakni 300 MB per jamnya. Itu pun perkiraan untuk video dengan kualitas terendah, yakni di bawah Standar Definition.

Sementara itu, apabila pelanggan memutuskan untuk menonton film berkualitas SD, Netflix memperkirakan, dibutuhkan paket internet sebanyak 700 MB hingga 1 GB per jamnya. Semakin tinggi kualitas gambar dari sebuah film, tentunya akan semakin banyak kuota internet yang dipakai.

Untuk mengonsumsi satu film berkualitas HD, pelanggan dikatakan butuh paket data sebesar 3 GB per jamnya. Kebanyakan sebuah film berdurasi dua jam, berarti akan menghabiskan jatah internet sekitar 6 GB. Sedangkan, untuk menonton film dengan kualitas gambar tertinggi, Ultra HD, pengguna harus menyiapkan internet sebanyak 7 GB per jamnya.

Pilihan paket internet

Namun karena merupakan layanan streaming, disarankan menggunakan paket internet dengan skema unlimited, bukan yang dibatasi oleh kuota. Beberapa penyedia layanan internet fixed broadband unlimited sudah ada di Indonesia saat ini, seperti Biznet, Firstmedia, dan MyRepublic yang menggunakan kabel optik.
Paket-paket tersebut bisa dinikmati dengan biaya kisaran Rp 200.000 hingga Rp 400.000 per bulan.

Untuk layanan mobile broadband, Smartfren menjadi opsi paling menarik karena memberikan paket unlimited dengan harga promosi Rp 75.000 per bulan (hingga April), dari tarif normal Rp 300.000 per bulan.

Namun demikian, tidak tertutup pula kemungkinan pelanggan menikmati layanan Netflix dengan paket internet berkuota, asal mereka tidak keberatan dengan skema yang diberikan. Netflix saat ini masih membuka layanan promo, pelanggan bisa mendaftar dan menikmati layanan gratis hingga 7 Februari 2016. Pendaftaran bisa dilakukan di situs netflix.com/id. (Bobotoh.id/Nextren)

[socialpoll id=”2322136″]

[socialpoll id=”2324516″]

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.