SINGAPUR 4G LTE TERMAMPRANG, BAGAIMANA DENGAN INDONESIA?

OpenSignal, lembaga riset operator mobile di seluruh dunia, membuat survei kecepatan dan jangkauan koneksi internet LTE di berbagai negara. Hasilnya, Singapura menjadi negara dengan kecepatan LTE tertinggi. Negara semenanjung itu menurut survei OpenSignal,  dari situs resminya, Minggu (7/2/2016), memiliki kecepatan download rata-rata 37 Mbps.

Dua operator seluler Singapura, SingTel dan StarHub menjadi penguasa layanan 4G LTE di negara itu. Sementara operator lain, M1 berada di posisi ketiga. SingTel memiliki kecepatan download hingga 40 Mbps, dengan jangakuan jaringan 4G hingga 86 persen. Pesaingnya, StarHub memiliki kecepatan download puncak 39 Mbps dengan jangkauan 79 persen.

Sementara operator M1 memiliki kecepatan download hingga 29 Mbps dengan jangkauan jaringan 4G mencapai 89 persen. OpenSignal mencatat, setahun yang lalu, kecepatan 20 Mbps sudah terlihat memuaskan. Namun di tahun ini, sudah ada 15 negara dan 52 operator yang memberikan kecepatan download lebih dari 20 Mbps.

Ieu rame Lurr.. (GELAR “JUARA DUNIA” 4G LTE DICÉKEUL SINGAPURA)

Indonesia belum masuk ke dalam survei OpenSignal, kemungkinan karena proses refarming jaringan 4G LTE di Indonesia yang baru selesai pada akhir tahun 2015 lalu. OpenSignal mengoleksi data dari jutaan smartphone yang memasang aplikasinya. Untuk survei ini, OpenSignal mengambil data dari ratusan ribu pengguna aplikasinya yang memiliki ponsel 4G LTE dan terhubung dengan koneksi 4G LTE operator.

Data dikumpulkan dalam periode Oktober hingga Desember 2015. Untuk melihat peringkat kecepatan jaringan 4G LTE di beberapa negara, kunjungi situs OpenSignal di tautan berikut ini. (.id/BBS/Nextren.com)

[socialpoll id=”2330342″]

[socialpoll id=”2322097″]

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.