BARRY LIKUMAHUWA: “ORANG SEPERTI JOEY ALEXANDER HANYA MUNCUL 40 TAUN SAKALI” | WIIHHH…

Bassist jazz andal Indonesia, , belum lama ini memberi pujian kepada pianis jazz belia fenomenal peraih dua nominasi Grammy Awards asal Indonesia, . Saat dijumpai di iCan Studio, Jakarta, pada akhir Januari lalu, Barry menganggap orang seperti Joey hanya muncul empat puluh tahun sekali.

Buat gue dia fenomena, mungkin terjadinya hanya empat puluh tahun sekali. Semenjak adanya Joey, musisi Indonesia pun ikut dilirik,” kata Barry. “Dan boleh dibilang Joey pun memulainya dari tempat ini, video penampilan dia di iCan Studio ini yang membuat Wynton Marsalis memanggil Joey untuk main di Lincoln Center [New York, Amerika Serikat],” tambahnya.

Bagi Barry, status child prodigy yang dilayangkan publik kepada Joey pun tidak sepenuhnya akurat. “Karena walaupun dia bukan anak kecil, dengan kemampuan mainnya yang seperti itu, keterlaluan sih jagonya. Gue pernah ditanya, ‘apakah Joey memang jago? Apakah elo menilai dia jago karena dia adalah anak kecil yang bisa main piano?’ Gue bilang nggak. Kita tutup mata, kita tidak membayangkan dia anak kecil pun permainannya terasa luar biasa hebatnya.”

Barry juga sempat mengenang bagaimana percakapan dirinya bersama mendiang pengamat musik senior, Denny Sakrie tentang masa depan seorang Joey Alexander. “Almarhum mas Denny waktu itu bilang, ‘Barry, bagaimana lo melihat si Joey? Apakah diperlukan orang seperti elo untuk dijadikan sebagai mentor?’ Gue jawab Joey nggak perlu mentor lagi, karena dia sudah jauh lebih jago dari gue! Waktu itu almarhum mas Denny langsung ketawa,” kenang Barry.

Ieu rame Lurr.. (MENENJO 2 PENAMPILAN EDUUN JOEY, DI GRAMMY AWARDS 2016)

Selain tentu saja menaruh harapan kepada Joey khususnya di Grammy Awards, Barry juga berharap kepada musisi-musisi Indonesia lainnya untuk saling mendukung. Karena menurutnya apa yang dilakukan dan diciptakan Joey di Amerika Serikat pasti akan berdampak kepada para musisi di Tanah Air.

Di Grammy Awards yang akan diselenggarakan pada 15 Februari mendatang, Joey mendapat dua penghargaan untuk kategori Best Jazz Instrumental Albumjuga Best Improvised Jazz Solo. Pada Kamis (11/2) malam kemarin pihak The Recording Academy selaku penyelenggara Grammy Awards, juga resmi mengumumkan bahwa Joey bakal tampil di panggung utama malam puncak Grammy Awards yang diadakan di STAPLES Center, Los Angeles, AS. Bocah 12 tahun dari Indonesia itu akan berbagi panggung dengan Taylor Swift, Adele, Lady Gaga, hingga Justin Bieber. (.id/BBS/Rollingstone.co.id)

[socialpoll id=”2333301″]

[socialpoll id=”2332876″]

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.