HADE, REPLIKA MOTOGP BUATAN ASLI INDONESIA

Selain pameran dan bursa helm, dalam acara Jakarta Helmet Exhibition 2016 juga ada pemandangan unik lainnya. Salah satunya karya lokal minatur skala MotoGP yang disajikan oleh eFworks Racing Scale Models.

eFworks sendiri merupakan pengrajin miniatur atau diecast yang khusus membuat dan karakter di dunia balap seperti MotoGP dan Formula 1. Dalam pameran, eFworks menampilkan koleksi terbarunya, mulai dari miniatur pebalap MotoGP, suasanapaddock, helm, sampai karkater pebalap bersama dengan umbrella girl saat bersiap di lintasan balap.

“Arahnya memang ke dunia balap, berangkatnya dari model GP. Semua kami produksi sendiri di Indonesia, mulai dari desain skala, karkater, sampai detail,” ucap Faisal Syukur, pemilik  eFworks Racing Scale Models saat bertemu Otomania, Minggu (28/2/2016).

Contoh hasil karyanya sudah cukup banyak, mulai dari Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Marc Marquez, almarhum Marco Simoncelli, dan pebalap lainnya. Sedangkan untuk pebalap Indonesia sediri dibuat berdasarkan pesanan khusus.

“Rata-rata ukuran skalanya 1:12, kami juga bisa terima pesanan, karena dasarnya sudah ada tinggal di kustom saja. Kalau ada yang mau dibuat seperti pebalap lokal baik motor maupun mobil juga bisa. Kita gunakan bahan resin padat, setelah itu dibentuk mentah lalu tinggal di sesuaikan karakternya,” ucap Faisal.

Untuk harga beda-beda tergantung ukuran, untuk racing stun suityang berisikan perlengkapan balap untuk pengendara dipasarkan Rp 2,3 juta, kalu untuk figur satuan skala 12 helm saja Rp 125.000 tapi kalau sama figurnya Rp 425.000. Sedangkan untuk tokoh Rossi bersama umbrella girls, karakter mekanik dan motor semuanya dijual sebesar Rp 4,5 juta.

Ieu rame Lurr.. (LALAKI IEU JADI PEMILIK KAHIJI REPLIKA HONDA MOTOGP LURR..)

Selain menerima pesanan lokal, eFworks sendiri rupanya cukup laris menerima pesanan dari negara-negara di Eropa, khususnya Belanda. Sampai saat ini pesanannya sudah ribuan pieces.

“Belanda paling banyak karena di sana rata-rata gemar balap, kadang kita jual hanya figurnya saja, nanti di-rebranding atau dikustom sendiri sesuai selera,” ucap Faisal yang bermarkas di jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan. (.id/Kompas.com)

 

[socialpoll id=”2333287″]

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.