IEU PERBEDAAN VOLTE DENGAN PANGGILAN WA JEUNG LINE

Voice over LTE () menawarkan panggilan suara melalui jalur data, layaknya fitur WhatsApp dan Line. Tapi yang ini diklaim lebih baik.

Smartfren resmi memperkenalkan VoLTE sebagai salah satu layanan unggulan mereka. Teknologi ini bisa hadir karena cakupan 4G LTE serta infrastruktur mereka yang diklaim telah memadai.

Namun sebelum VoLTE tiba. Pengguna ponsel sudah lebih dulu akrab dengan panggilan telepon sejenis melalui WhatsApp, Line atau BBM. Lantas apa yang membuatnya berbeda?

Menurut Hartadi Novianto, Mass Product Department Head , VoLTE punya beberapa keunggulan dibanding layanan voice WhatsApp, Line atau BBM. Terutama dari kualitas suara. “VoLTE ini lewat jalur khusus sehingga kualitasnya lebih bagus. Kalo di Jakarta, seperti jalur busway. Sementara VoIP kan ibaratnya kaya di jalan biasa, campur aduk sama yang lain-lain. Suka ada macet, lagging, dan lain-lain,” jelasnya.

Persepsi telepon gratis via WhatsApp, Line atau BBM juga ditepis oleh Smartfren. Karena pada dasarnya semua melalui jalur data yang akan menghabiskan jumlah kuota Internet para penggunanya.

Ieu rame Lurr.. (PONSEL ANDROID IEU DIBANDEROL RP 50.000, BISA 3G JEUNG WHATSAPP | AHIWW..)

“Hanya saja orang tidak sadar kalau kena charging data. Chargingnya berapa, orang tidak pernah lihat,” katanya.

Dengan segala keunggulannya Smartfren optimistis bahwa layanan VoLTE bisa lebih baik dari kebanyakan pesan instan yang menyediakan fungsi serupa. “Kalo dari sisi pengguna pasti bisa. Itu tergantung ekosistem yg dibangun oleh operator,” kata Hartadi menutup perbincangan.

Ke depannya, Smartfren juga berencana untuk mengembangkan fitur VoLTE yang bisa terkoneksi melalui Wi-Fi layaknya free call pada aplikasi chatting. Hanya saja, bukan dalam bentuk aplikasi, melainkan tertanam di dalam sistem operasi. (.id/CNNIndonesia)

[socialpoll id=”2336625″]

[socialpoll id=”2330350″]

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.