KADE, JANGAN UBAH TANGGAL iPHONE JADI 1 JANUARI 1970!

Jangan sekali-kali mengubah tanggal di perangkat iOS, baik itu , iPad, maupun iPod Touch, menjadi “masa lalu”, tepatnya 1 Januari 1970. Kalau Anda nekat mencobanya, perangkat mobile itu bisa langsung rusak.

Masalah itu disebabkan adanya pada pengaturan tanggal iOS. Sejumlah pengguna melaporkan pemicunya adalah mengubah tanggal menjadi 1 Januari 1970 dan melakukan restart.

Setelah restart, perangkat genggam akan hang, hanya menampilkan logo Apple dan tidak bisa melakukan boot ke sistem operasi.

Parahnya, sebagaimana dari Sydney MorningHerald, Senin (15/2/2016), kondisi tersebut akan tetap berulang meski pengguna sudah me-reset atau mengganti firmware dalam perangkat genggamnya.

Ieu rame Lurr.. (PENELITI CIPTAKAN PROGRAM PEMBURU “KUTU” SOFTWARE)
Bug tersebut hanya terjadi pada perangkat genggam yang menggunakan chipset 64-bit. Artinya, ini cuma menimpa iPhone 5S, iPad Air, iPad Mini, iPod Touch 2015, dan yang lebih baru.

Tak jelas apa yang menyebabkan bug tersebut. Namun, ada dugaan bahwa bug terjadi karena 1 Januari 1970 adalah hari pertama dalam sistem pengaturan waktu platform Unix yang menjadi basis sistem operasi iOS.

Sistem Unix melacak pergerakan waktu berdasarkan detik-detik yang berlalu setelah hari pertama itu.

Sementara itu, pengaturan tanggal ke 1 Januari 1970 sama saja membuat patokan waktu dalam perangkat kembali ke angka nol. Entah mengapa ini menjadi masalah serius di gadget Apple. (.id/BBS/Kompas.com) 

[socialpoll id=”2331656″]

[socialpoll id=”2330350″]

 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.