KEMENAKER SEBUT DI BULAN JANUARI GEUS AYA 1.300 KARYAWAN DI PHK !

Kementerian Ketenagakerjaan () mencatat telah terjadi pemutusan hubungan () terhadap 1.377 orang selama Januari 2016. Karyawan-karyawan yang terkena tersebut berasal dari perusahaan-perusahaan besar seperti Panasonic, Toshiba, Ford, dan Chevron.

Direktur Pencegahan dan Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (P3HI) Kemenaker Sahat Sinurat mengungkapkan, ribuan karyawan yang di-PHK tersebut berasal dari tiga wilayah Indonesia. Ketiganya adalah DKI Jakarta, Kalimantan Selatan (Kalsel), dan Sulawesi Selatan (Sulsel).

Ieu rame lur: DEJAN OGAH MEMBUAT BOBOTOH “AMBEK-AMBEKAN” DEUI !

Kondisi demikian membuat pihaknya akan melakukan koordinasi dengan kementerian terkait untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jika karyawan yang di-PHK dari sektor Minyak dan Gas Bumi (Migas), maka Kemenaker akan berkoordinasi dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). “Kita melakukan koordinasi antarkementerian dan kelembagaan seperti dengan Kementerian ESDM, Kementerian Perindustrian (Kemenperin), dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk membantu,” ujar Sahat, di Jakarta, Selasa (9/2/2016) dikutip detik.

Selain itu, tambahnya, masalah PHK akan bisa diatasi dengan perbaikan terhadap kebijakan pemerintah. Sehingga PHK yang terjadi pada ribuan karyawan tersebut tak membuat ketimpangan dan Rasio Gini semakin melebar. “Pemerintah akan senantiasa melakukan perbaikan kebijakan yang menghambat dunia usaha. Untuk itu pemerintah perlu mendapatkan masukan-masukan dari stakeholder,” yakin Sahat. (Bobotoh.id/RF)

[socialpoll id=”2323093″]


 

[socialpoll id=”2330140″]

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.