KIDDLE, MESIN PENCARI INTERNET NU RAMAH KANA BOCAH

Kini, hadir situs mesin pencari internet yang khusus dibuat untuk anak-anak. Situs baru tersebut dinamakan .co. Situs tersebut mengklaim dirinya ditenagai dan didukung oleh Google. Beberapa teknologi di balik situs ini menggunakan produk yang dikembangkan raksasa internet tersebut.

Karena didesain khusus untuk anak-anak, maka situs Kiddle memiliki desain yang berbeda dari situs pencarian lain, seperti Google, Yahoo atau Bing.

Desain yang “imut”

Kiddle tampil dengan desain yang “imut” agar lebih menarik perhatian anak-anak. Tak seperti desain polos berwarna putih ala Google, Kiddle memiliki gambar latar bertemakan luar angkasa dengan warna yang cerah. Terdapat juga hiasan gambar planet dan karakter robot di bawah kotak pencarian.

Cara penggunaan situs Kiddle sama dengan search engine Google. Si anak tinggal memasukkan kata kunci di kolom pencarian. Ada empat kategori pencarian yang bisa dilakukan, yakni situs web, gambar, berita, dan video. Ditujukan untuk anak-anak, tentunya hasil pencarian Kiddle harus memiliki konten yang aman untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, Kiddle dilengkapi dengan teknologi buatan Google, Safe Search.

Selain itu, Kiddle juga dilengkapi sebuah tim editor untuk mengurasi konten pencarian khusus bagi anak.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari TechTimes, Minggu (28/2/2016), nantinya hasil pencarian pertama hingga ketiga akan termasuk situs yang aman dan khusus ditulis secara spesifik untuk anak-anak. Hasil pencarian itu merupakan hasil kurasi dan sudah diperiksa langsung oleh tim editor Kiddle.

Ieu rame Lurr.. (VIDEO PORNO NGADADAK TAYANG DI LAYAR TV RUANG TUNGGU BANDARA TAIPEI | HALLAAAH…)

Kemudian, hasil pencarian keempat hingga tujuh akan memiliki gaya penulisan yang sedikit lebih dewasa, tetapi dianggap dapat mudah dimengerti oleh anak-anak. Hasil pencarian ini juga dikurasi langsung oleh tim Kiddle.

Saring konten dewasa

Sementara itu, hasil pencarian delapan hingga seterusnya memiliki gaya penulisan untuk orang dewasa, tetapi tetap sudah disaring oleh teknologi Google Safe Search. Hasil pencarian ini tentunya lebih sulit dimengerti oleh anak-anak.

Konten-konten dewasa, seperti gosip tentang satu artis hingga akun resmi dari jejaring sosial tidak akan ditampilkan. Melainkan, anak-anak hanya akan mendapatkan biografi yang tentunya aman untuk dikonsumsi mengenai artis tersebut.

“Karena hasil pencarian Kiddle dipilih dan diperiksa langsung oleh editor kami atau disaring dengan Google safe search, anak Anda akan mendapatkan hasil yang berorientasi kepada anak tanpa ada konten eksplisit,” tulis pihak Kiddle dalam situs resminya.

Orang tua juga bisa ikut berkontribusi dalam pemblokiran sebuah kata yang tidak aman untuk anak dengan memasukkan kata tersebut melalui formulir digital. Permohonan pemblokiran sebuah situs tertentu juga dimungkinkan.

Mesin pencari ini diklaim tidak mengumpulkan informasi personal dari si anak. Logs dari situs ini pun bakal dihapus setiap 24 jam. (.id/Kompas.com)

 

[socialpoll id=”2336625″]

 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.