MARCELL SIAHAAN INGATKAN BARUDAK NGORA UNTUK GALI AKAR MUSIK

“Di Indonesia sekarang banyak anak muda dengan mudah mendapatkan referensi musik dengan adanya YouTube, layanan streaming musik, dan sebagainya. Mereka bisa cari musik yang lama sampai yang baru di situ,” kata Marcell beberapa waktu lalu.

Vokalis dan pemain drum Marcell Siahaan (38) mengingatkan bahwa anak muda Indonesia sebaiknya tetap menggali sampai ke akar musik, setelah mereka mendapat referensi musik dengan bantuan teknologi internet.

“Genre-genre musik yang ada sekarang kan pasti ada roots-nya, ada akarnya. Nah, tugas saya ya untuk ngingetin anak-anak muda untuk tidak hanya banyak referensi saja, tetapi juga untuk menggali akar referensi musik mereka itu,” katanya lagi.

Marcell memberi contoh, para penyuka musik Seringai dan Ghost harus paham apa akar musik yang menjadi referensi band-band tersebut.

“Seringai banyak terpengaruh oleh Motorhead, Black Sabbath. Nah, para penggemar harus tahu band-band itu juga,” ucapnya. “Atau, kayak band Ghost yang baru menang Grammy, yang suka musik mereka juga harus tahu referensi musik mereka apa,” ujarnya.

Ieu rame Lurr.. (MARCELL SIAHAAN SEBUT JOEY ALEXANDER BISA NGA-TRIGGER MOTIPASI)

“Misal untuk punk rock, ya jangan tahunya Blink 182 aja, harus gali akar-akarnya,” sambungnya. Dengan mengetahui akar musik, menurut Marcell, anak muda, terutama yang menjadi pemain musik, bisa mengembangkan akar musik itu dengan cita rasa dan keinginan mereka.

“Jadi, enggak hanya terjadi pengulangan aja. Pengulangan tetap ada, tapi harus dengan elegan dan kreatif menggabungkan beberapa referensi musik menjadi sebuah hal yang baru,” ucapnya lagi. (Bobotoh.id/BBS/Kompas.com)

[socialpoll id=”2326979″]

[socialpoll id=”2334310″]

 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.