MASJID BERBIAYA 1 TRILIUN DI BANDUNG REK DIBANGUN TAUN IEU? SUBHANALLAH…

Pembangunan sebuah masjid megah senilai Rp 1 triliun di Gedebage, Bandung memasuki proses tenderdetail engineering design (DED). Jika proses itu selesai, pada Maret mendatang proyek itu memasuki proses tender pembangunan.

“Pembangunan dimulai 2016 ini, rencananya selesai 2017. Kalau molor, awal 2018 sudah bisa digunakan,” kata Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, di Bandung, Minggu (28/2/2016).

Aher, sapaan akrab Ahmad Heryawan, mengatakan, masjid tersebut akan berdiri megah dengan menampilkan teknologi tinggi. Arsitekturnya dikerjakan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, dengan konsep keindahan budaya Jawa Barat.

Ieu rame Lurr.. (MENENJO MESJID MEGAH DI SUBANG YANG DIBANGUN SEHARGA RP. 10 MILIYAR !)

“Hadir di pinggir danau. Luasnya 20-25 hektare, pelataran masjidnya 2,5 hektare. Masjidnya sendiri 1 hektare,” imbuhnya.

Di sekeliling masjid akan berdiri hotel syariah, restoran, pusat pembinaaan umat, serta museum keislamaan. Museum bisa berupa museum asmaul husna, museum sejarah nabi.

“Arsiteknya Pak Ridwan Kamil, gratisan karena ia tidak mau dibayar. Dananya murni dari APBD Provinsi Jabar sebesar Rp 1 triliun,” kata Aher.

Dana Rp 1 triliun tersebut untuk pembangunan kawasan keseluruhan. Untuk masjidnya sendiri sekitar Rp 500 miliar, sisanya untuk kebutuhan lain termasuk pembebasan lahan.

“Pembebasan lahannya mahal. Satu meter (lahan harganya) jutaan,” tutur Aher.

Dana untuk pembangunan masjid itu, kata Aher, sudah ada. Jika di tengah jalan, Pemerintah Pusat ingin membantu, pihaknya akan menerima dengan senang hati.

Selain masjid itu, Pemprov Jawa Barat juga akan mendirikan 20 masjid agung di 20 titik. Salah satunya di Ranca Buaya Garut. Di sana akan dibangun masjid indah di pinggir pantai.

“Jadi kalau mau lihat pantai sehabis sholat, di Ranca Buaya tempatnya,” kata Aher. (.id/Kompas.com)

 

[socialpoll id=”2337267″]

 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.