NINI-NINI HILANG, WEHH.. DITEMUKAN LEWAT TWITTER

Senin pagi waktu Delhi, India, Kamla Gupta nekat sembahyang sendiri di sebuah kuil. Usai ibadah, ia tak ingat jalan pulang ke rumah. Gupta menderita Alzheimer atau gangguan daya ingat. Nenek 80 tahun itu bahkan lupa tentang penyakitnya.

Beruntung Gupta bertemu mobil polisi. Namun, polisi pun tak bisa menolong banyak kala itu. Pasalnya, Gupta tak ingat nama alamat rumahnya. Ia juga tak ingat nomor kontak keluarga yang bisa dihubungi. Informasi yang bisa dikorek hanya rentang usianya. Alhasil, Wakil Komisaris Kepolisian setempat Madhur Verma mengunggah foto Gupta ke , sebagaimana dilaporkan Mashable dan dikutip Nextren, Senin (1/2/2016).

“Kamla Gupta, 80. Ditemukan dekat Ashok Vihar. Tak ingat alamat rumah. Jika Anda kenal, tolong kontak kepolisian Ashok Vihar,” kata Verma lewat akun @DCP_North_Delhi.

Tak selang berapa lama, seorang pengusaha bernama Vishal Kumar membagi informasi tersebut ke Facebook. Salah satu teman Facebook Kumar ternyata kerabat sang nenek.

Kumar pun menghubungi Verma via Twitter.“@DCP_North_Delhi anggota keluarganya menghubungi saya, tolong kasih saya nomor telepon, penting,” kata Kumar lewat akun @urban_mogli.

Belum dibalas, Kumar kembali me-mention@DCP_North_Delhi dengan informasi nomor teleponnya.“9999809155 adalah nomor saya. Tolong telepon secepatnya,” kata dia.

Verma akhirnya membalas. “@urban_mogli Bagus! Saya telepon Anda,” kata dia.

Kurang lebih dua jam kemudian, Verma kembali mengunggah sebuah gambar ke Twitter. Kali ini, foto memperlihatkan Gupta telah bertemu dengan sanak keluarganya.

Ieu rame Lurr.. (APLIKASI IEU AJAK PENGGUNA DIAJAR “NGAJI” | WIIIHHH…)

“Ini adalah kekuatan media sosial. Terima kasih @TwitterIndia. Keluarga nyonya Gupta bisa teridentifikasi dalam waktu tak sampai dua jam,” Verma berkicau.

Diketahui, sejak 2015, kepolisian di beberapa kota di India mulai aktif memanfaatkan media sosial untuk berkomunikasi dengan warga. Kepolisian Delhi sendiri baru membuat akun Twitter resmi pada Desember 2015. Sementara Verma telah bergabung di Twitter sejak 2014.

“Twitter adalah platform yang efektif menjangkau warga dan memaparkan berbagai cerita aktual dari sisi kami,” kata Verma. (.id/BBS/nextren)

 

[socialpoll id=”2325717″]

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.