PERAYAAN ULTAH MEWAH PRESIDEN ZIMBABWE TUAI KRITIK

Presiden Zimbabwe Robert Mugabe merayakan ulang tahunnya ke-92 dengan sebuah pesta yang menghabiskan biaya hampir US$1 juta. Pesta ulang tahun ini diselenggarakan oleh para pendukungnya di daerah yang dilanda kekeringan. Sontak, perayaan ini menuai kritikan dari lawan politiknya yang menilai perayaan pesta ulang tahun sang presiden tak ubahnya penghinaan terhadap rakyat.

Mugabe, satu-satunya pemimpin Zimbabwe sejak merdeka dari Inggris pada 1980, menyatakan pada pesta ulang tahunnya, Sabtu (27/2) bahwa tak seorang pun akan menderita kelaparan akibat kekeringan di negaranya yang berdampak pada sekitar tiga juta rakyatnya. Sejumlah pedesaan yang dilanda kekeringan bahkan telah menyatakan status bencana.

Meski demikian, Zimbabwe menolak menerima bantuan dari Barat, jika dia harus menerima penyetaraan hak-hak kaum gay.

“Jika bantuan, seperti yang saya pahami, diberikan atas dasar bahwa kita harus menerima prinsip pernikahan gay, maka biarkan bantuan itu tak diberikan,” kata Mugabe dalam pidatonya selama satu jam.

“Kami tidak menginginkannya. Ini adalah bantuan busuk, bantuan kotor dan kami tidak mau berhubungan dengan [bantuan] itu,” ujarnya.

Zimbabwe meminta bantuan sebesar US$1,6 miliar (Rp21,4 triliun) untuk membantu membayar harga biji-bijian dan makanan lain, tetapi hingga saat ini belum ada organisasi bantuan yang akan menyalurkannya.

Pemimpin tertua Afrika, Mugabe menginjak usia 92 tahun pada 21 Februari lalu, namun tidak menunjukkan niat untuk mengundurkan diri, membuat para pejabat partainya yang berkuasa, ZANU-PF frustrasi karena telah lama memposisikan diri untuk menggantikannya.

Mugabe mengucapkan terima kasih kepada sayap pemuda ZANU-PF dan ribuan pendukung partai untuk mengorganisir pesta yang menghabiskan dana US$800 ribu (Rp10,7 miliar). Sebanyak 92 balon dilepaskan sembari dia menikmati pembacaan puisi, lagu dan nyanyian yang liriknya menyebut Mugabe sebagai ikon Afrika dan visioner.

Ieu rame Lurr.. (TERBESAR SA-ALAM DUNYA, KAPAL PESIAR MEWAH IEU ELEHKEUN TITANIC LURR)

Dalam acara itu, dia memotong kue raksasa yang dibuat agar terlihat seperti reruntuhan kuno yang menjadi insipirasi nama Zimbabwe. Pesta itu juga dihadiri oleh siswa sekolah, diplomat asing, menteri dan kepala keamanan.

Pesta ulang tahun Mugabe yang dirayakan dengan mewah sudah menjadi tradisi tahunan bagi para loyalis dan mereka yang mencari bantuan dari pemimpin veteran. Namun tahun ini, pesta itu diselenggarakan di salah satu wilayah yang dilanda kekeringan, Provinsi Masvingo, sehingga menuai kecaman.

Di Masvingo, sebanyak 75 persen dari tanaman jagung yang menjadi makanan pokok warga tak bisa dimakan karena kekeringan. Bencana ini merupakan yang terparah di negara Afrika bagian selatan sejak awal dekade 1990-an.

“Uang yang dianggarkan untuk pesta ulang tahun ini seharus digunakan untuk mengimpor jagung untuk menghindari kelaparan yang akan datang di provinsi Masvingo dan wilayah lainn,” ujar Obert Gutu, juru bicara kelompok oposisi utama, Gerakan bagi Perubahan Demokratis (MDC). (.id/CNNIndonesia.com)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.