PITUIN DI PSSI !

Pituin di Tubuh PSSI

eko

Ternyata cukup banyak bobotoh yang apatis dengan hiruk pikuk dan carut marut sepak bola Indonesia di tataran elit, karena bagi mereka sepak bola Indonesia, ya hanya PERSIB…titik.

Namun tahukah, ternyata cukup banyak urang priangan (yang seharusnya) bobotoh PERSIB yang berkiprah di tataran elit sepak bola negeri ini, tentu apa yang saya bahas di sini hanya segelintir saja karena jumlah aslinya jauh lebih banyak terlebih jika dibahas runut historis semisal jaman Soeratin. Saya hanya bicara tentang mereka-mereka yang benar-benar bersentuhan dan “kaalaman” saja secara pribadi, semoga dapat menjadi sekedar pencerah bagi para bobotoh muda.

Nugraha Besoes
Bicara PSSI dimasa lalu tentunya tak akan lepas dari sosok yang satu ini, Nugraha Besoes adalah Sekretaris Umum (Sekum), Sekretaris Jenderal (sekjen) dan spesialis orang kedua di PSSI selama puluhan tahun. Saya ingat betul Kang Nunu-panggilan akrab Nugraha Besoes, ada di PSSI ketika saya masih murid SD dan hingga saya lulus kuliah pun Kang Nunu masih belum tergoyahkan. Beliau adalah kerabat dari legenda hidup PERSIB Prof. Himendra Wargahadibrata, keduanya sama-sama tokoh UNPAD, selain sepak bola Nugraha Besoes pun lekat dengan resimen mahasiswa ketika masih muda dulu.

Achwani
Mungkin banyak yang tak mengenal sosok ini namun kehadirannya di belakang layar selalu mewarnai dinamika PSSI, bahkan bisa jadi karena tak selalu tampil di depan maka dirinya tak pernah menjadi sasaran tembak dan tumbal pergantian rezim sehingga dapat terus “kabawaan” oleh siapapun yang tengah berkuasa di PSSI. Pak Achwani yang saya kenal sangat mencintai sepak bola dan sains, bahkan belakangan ini beliau sibuk berkecimpung di bidang pembinaan dan pelatihan pemain-pemain muda.

Agum Gumelar-Arifin Panigoro-Toni Apriliani
Ketiganya dapat dikatakan sebagai tokoh-tokoh Jawa Barat yang sukses berkiprah di level nasional, karier militer Kang Agum Gumelar begitu bersinar dan dilengkapi dengan pernah menjadi ketua umum PSSI dan kini masih eksis sebagai figur kehormatan komisi Ad-Hoc FIFA, sementara Arifin Panigoro adalah pengusaha kelas kakap dan lekat dengan dunia energi di tanah air, kecintaan pada sepak bola tampak saat serius menggulirkan liga Medco-perusahaan energi miliknya, karena Arifin pula rezim PSSI era Nurdin Halid bergoyang karena LPI gagasan Arifin dan gerbongnya. Sementara Toni Aprilliani walau bergelar dokter gigi namun lebih mengkilap karier politiknya, pernah menjadi anggota DPR dan masuk di bagian anggaran, Kang Toni pun lekat dengan PSSI Jabar…..walau ketiganya sempat seakan berseteru seiring tensi sepak bola nasional yang memanas, namun apakah kalian tahu bahwa ketiganya merupakan sahabat….sama dengan saya, ketiganya adalah alumni SMA Negeri 2 Bandung. Saat ketiganya bersua dalam acara reuni, tentu tak tampak konflik itu, yang ada hanya suasana kekeluargaan yang hangat dan saling menghormati. (Eko Noer Kristiyanto alias Eko Maung)

 

*Penulis adalah Redaktur Senior di Bobotoh.id


 

 

Jika bobotoh mempunyai tulisan dan ingin ditayangkan di website bobotoh.id silahkan kirim melalui email : idbobotoh@gmail.com disertai nama lengkap, akun twitter dan foto.

 

[socialpoll id=”2330117″]


 

[socialpoll id=”2334310″]

Komentar

Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

Helmi M. Permana

Orang Bandung, suka foto, suka bola, & suka musik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.