WAWANCARA RIO HARYANTO JEUNG BBC | APA CEUNAH AMBISINA?

Dalam wawancara dengan BBC Indonesia, atlet berusia 23 tahun ini mengungkapkan ambisinya untuk menjadi pendatang baru alias rookie terbaik dan konsisten dan bisa berkompetisi untuk masukn di papan tengah bersama timnya,  Racing.

Direktur Racing Manor Dave Ryan mengatakan Rio dan pembalap satu timnya, Pascal Wehrlein, adalah pembalap muda yang berbakat dan berpotensi besar.

Berikut petikan wawancara yang dilakukan sebelum sesi pra musim dimulai. Putaran pertama secara resmi akan digelar di Australia pada 20 Maret mendatang.

Di Barcelona, bagaimana pengalaman Anda dalam dua hari terakhir pra musim ini?

Senang rasanya untuk bisa kembali ke lintasan. Ini akan menjadi sesi resmi pertama saya sebagai peserta Kejuaraan Dunia . Saya tidak sabar untuk segera mencoba mobil terbaru Manor Racing.

Setelah dipastikan membalap di F1, apa target yang ingin dicapai musim ini?

Bersama dengan tim, kami ingin konsisten untuk berada di papan tengah. Tentu saya pun berharap dapat menjadi pembalap terbaik di tim, baik di kualifikasi maupun lomba.

 

 

Apa tantangan paling sulit yang Anda hadapi dalam persiapan kali ini?

Sesi uji coba di Abu Dhabi tahun lalu adalah terakhir kali saya mengemudikan mobil balap. Saya harus kembali beradaptasi meski saya sangat familar dengan sirkuit. Di tes kali ini, saya ingin mencari batas kemampuan mobil dan menempuh jarak sejauh mungkin.

Banyak orang yang mengapresiasi keikutsertaan Anda di F1, tetapi banyak yang mengkitik karena disebut ada Rp100 miliar uang negara yang dipakai. Bagaimana Anda menanggapi kritik ini?

Ada berbagai cara untuk membangun bangsa yang besar. Balapan adalah salah satu cara saya untuk mengabdi kepada negara. Selama lebih dari 15 tahun saya berjuang mengharumkan nama bangsa di kancah internasional melalui prestasi di lintasan. Saya berharap semua pihak dapat saling mendukung dalam bidang mereka masing-masing.

Membawa sponsor dengan nilai besar memang bukan hal baru agar seorang pembalap untuk bisa masuk ke F1, namun banyak yang menyangsikan jika Anda sanggup berkompetisi di ajang ini. Tanggapan Anda?

Saya ingin melangkah ke depan dengan kacamata optimisme. Pujian ataupun cercaan harus menjadi dorongan bagi saya untuk menjadi lebih baik lagi.

 

 

Siapa yang paling berperan dalam karier Anda sebagai pembalap?

Kedua orang tua saya karena mereka telah berperan dalam setiap langkah saya. Dari perkenalan dengan dunia balap, hingga kini sekarang saya mencapai F1.

Apa ambisi Anda ke depan?

Target saya pada musim pertama di F1 adalah menjadi pembalap rookie terbaik. Dalam jangka panjang, saya ingin mempersembahkan gelar juara dunia F1 pertama bagi Indonesia.

Berapa poin kira-kira Manor bisa dapat pada musim ini?

Masih terlalu dini untuk bicara poin, ketika saya juga belum pernah mencoba mobil tahun ini. Yang pasti, setidaknya saya berharap dapat mengumpulkan poin lebih banyak dari rekan setim. (.id/BBCIndonesia.com)

[socialpoll id=”2335536″]

 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.