SATELIT KOREA UTARA DIDUGA TAK BERFUNGSI DENGAN BAIK

Satelit milik Korea Utara yang baru saja diluncurkan telah mencapai orbit dalam keadaan stabil. Namun, tersebut tak terdeteksi mengirimkan data ke bumi. Demikian disampaikan sebuah sumber ahli antariksa dari Amerika Serikat dikutip Reuters. Menurut sumber tersebut, sejauh ini, belum berfungsinya satelit itu menunjukkan bahwa Korea Utara gagal meyakinkan para ahli terkait kemajuan teknologi roket Pyongyang.

Ieu rame Lurr.. (KOREA UTARA HUKUM MATI PIMPINAN MILITERNA GARA-GARA KORUPSI | HaDe LURR..)

“Satelit sudah berada di orbit sekarang, sudah bisa dikendalikan,” kata sumber dari pejabat AS itu, Rabu (10/2/2016). Satelit Korea Utara kali ini, kata pejabat itu, tidak seperti satelit sebelumnya yang diluncurkan pada 2012 dan tak pernah stabil. Kendati demikian, satelit yang baru sekarang ini tak terkoneksi dengan bumi.

Peluncuran satelit dengan jarak jauh oleh Korea Utara pada Minggu lalu memicu kemarahan negara-negara tetangga dan Amerika Serikat. Mereka menganggap peluncuran satelit ini sebagai bagian dari uji coba jarak jauh. Peluncuran ini mengikuti uji coba nuklir keempat Korea Utara pada Januari 2016 lalu.

Presiden As Barack Obama berbicara kepada pemimpin Korea Utara dan Jepang melalui sambungan telepon Senin malam dan menjamin dukungan Washington kepada kedua negara itu. Obama juga menyerukan respons kuat internasional atas peluncuran satelit tersebut. (.id/BBS/Kompas.com)

[socialpoll id=”2330967″]

[socialpoll id=”2326477″]

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.