SAUDI UMUMKEUN 10 TERSANGKA BARU INSIDEN CRANE MASJIDIL HARAM

Sepuluh karyawan dan supervisor di sejumlah departemen pemerintahan Arab Saudi ditetapkan sebagai tersangka dalam insiden jatuhnya di , Mekkah pada September lalu. Kesepuluh tersangka ini menambah panjang daftar 40 tersangka insiden tragis itu.

Dilaporkan Saudi Gazette pada Kamis (11/2), sumber yang dikutip dari harian Makkah Arabic menyatakan bahwa Biro Investigasi dan Kejaksaan (BIP) di Mekkah mengembalikan berkas kasus insiden crane ini ke kantor utama BIP di Riyadh pada awal pekan ini. Dalam berkas tersebut terdapat 10 nama tersangka baru. Sumber itu mengatakan bahwa kantor pusat BIP di Riyadh mengirimkan berkas kasus tersebut ke kantor BIP Mekkah sekitar dua pekan lalu untuk menyelesaikan sejumlah dokumen, mengkonfirmasi identitas beberapa tersangka dan merevisi data sebelum berkas tersebut diajukan ke pengadilan.

Berkas tersebut sudah memuat 40 nama tersangka yang merupakan para teknisi dari Saudi Binladen Group, perusahaan kontraktor utama proyek perluasan Masjidil Haram.

Ieu rame Lurr.. (KABARESKRIM: KASUS DUGAAN KORUPSI STADION GBLA TEUTEUP DIUSUT)

Operator dari crane raksasa yang jatuh juga menyerukan interogasi para tersangka di bawah permintaan kantor BIP Riyadh. Sumber yang tidak dipublikasikan namanya itu menyatakan bahwa investigasi yang dilakukan oleh kantor BIP di Mekkah menambahkan 10 tersangka baru dari sejumlah departemen pemerintah yang mengawasi proyek perluasan Masjidil Haram.

Sementara itu, kerusakan yang disebabkan oleh jatuhnya crane tersebut telah diperbaiki, sehingga menciptakan ruang yang lebih luas bagi para jemaah yang menunaikan ibadah umrah di Masjidil Haram. Crane raksasa yang jatuh pada 11 September 2015 di area Masjidil Haram menyebabkan 111 jemaah haji tewas, dan 394 lainnya terluka. Crane itu dioperasikan oleh Saudi Binladen Group, perusahaan yang dibangun oleh Mohammad Bin Laden, ayah dari tokoh militan al-Qaidah, Osama bin Laden.

Crane itu kini telah dipindahkan ke wilayah yang jauh dari Masjidil Haram. (.id/BBS/CNNIndonesia.com)

 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.