SEJARAH POÉ IEU: MEMPERINGATI LAGRAGNA PESAWAT MU DI MUNICH

Musim dingin, 06 Februari 1958 jadi musim dingin paling kelam dalam sejarah perjalanan Man United. Tepat di hari itu pada 58 tahun silam, air mata dan darah jatuh membasahi bumi.

Cuaca yang tak bersahabat datang menyerang rombongan skuat Man United yang baru saja melakoni laga tandang ke markas klub asal Serbia, Red Star Belgrade di ajang Piala Europa. Karena kehabisan bahan bakar, British European Airways nomor penerbangan 609 harus mendarat di Munchen, Jerman untuk isi bahan bakar. Cuaca saat itu sangat parah. Badai salju baru hampiri salah satu kota terbesar di Jerman tersebut.

Ieu rame lur: PERSIB INCAR 3 PEMAIN UNTUK POSISI IEU !

Betul saja, untung tak bisa diraih, malang tak bisa ditolak. Usai mengisi bahan bakar, pilot pesawat Kapten James Thain dan kopolit Kenneth Rayment berusaha untuk kembali melanjutkan perjalanan.  Akibat tebalnya salju menutup lintasan bandara, percobaan pertama gagal. Thain lalu mencoba untuk kembali terbangkan pesawat, namun kembali gagal. Tak ingin terlambat jadwal, usaha ketiga dilakukan.

Pada saat upaya ketiga, mulai turun salju, menyebabkan lapisan lumpur di ujung landasan. Ketika pesawat menyentuh lumpur, pesawat kehilangan kecepatan, membuat pesawat tidak dapat lepas landas. Pesawat menabrak pagar dan melewati ujung landasan, sebelum sayap pesawat membentur rumah terdekat sehingga sobek.

Man United harus saksikan dan menerima kenyataan pahit, salah satu generasi terbaiknya,  tim muda berbakat Manchester United “The Busby Babes” harus terputus dan butuh waktu cukup lama untuk kembali mengangkat mental pemain yang selamat dari tragedi ini.

Berikut daftar kru pesawat, wartawan, pemain dan staf Man United yang tewas: 

– Geoff Bent
– Roger Byrne
– Eddie Colman
– Duncan Edwards (selamat dari kecelakaan, tapi meninggal 15 hari kemudian)
– Mark Jones
– David Pegg
– Tommy Taylor
– Liam “Billy” Whelan
– Walter Crickmer, sekretari klub
– Tom Curry, trainer
– Bert Whalley, kepala pelatih Wartawan dan Jurnalis
– Alf Clarke, Manchester Evening Chronicle
– Donny Davies, Manchester Guardian
– George Follows, Daily Herald
– Tom Jackson, Manchester Evening News
– Archie Ledbrooke, Daily Mirror
– Henry Rose, Daily Express
– Frank Swift, News of the World (juga mantan kiper Inggris dan Manchester City; meninggal dalam perjalanan menuju rumah sakit)
– Eric Thompson, Daily Mail Penumpang lain
– Bela Miklos, agen perjalanan
– Willie Satinoff, supporter, dan teman dekat Matt Busby
– Kenneth “Ken” Rayment, kopilot (selamat dari kejadian tetapi mengalami cedera parah dan meninggal tiga minggu setelahnya di rumah sakit setelah mengalami gegar otak)
– Tom Cable (seorang pramugara)

(.id/RF/Indosport)

[socialpoll id=”2330106″]


 

[socialpoll id=”2322097″]

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.