TOS DIRILIS, KOMPILASI DIGITAL BEBAS DONLOD DARI ALIANSI MUSIK

Aliansi Musik, kelompok penggiat musik lintas kota di Indonesia, telah menerbitkan edisi terbaru kompilasi bulanannya. Dalam edisi Januari 2016, lima band dari lima kota dipilih (Surabaya, Malang, Bandung, Jakarta, dan Solo) untuk dibagikan lagunya gratis.

Edisi Januari 2016 adalah kedelapan kalinya membagikan lagu-lagu gratis. Kompilasi ini pertama kali beredar pada April 2014.  Kolibri (Surabaya), Intenna (Malang), Ellipsis (Bandung), taRRkam (Jakarta), dan The Scenesters (Solo) adalah band-band yang lagunya dibagikan di edisi terbaru. Masing-masing band tampil dengan aliran musik yang berbeda, memberikan variasi bagi pendengarnya. Setiap lagu juga dilengkapi catatan oleh setiap perwakilan di daerah. Lagu-lagu ini bisa diunduh melalui situs Deathrockstar.

Aliansi Musik bertujuan menguatkan tali silaturahmi ajang musik lokal dan memperkenalkan bibit-bibit baru atau dedengkot musik antarkota ke dalam satu kompilasi bulanan. Sekarang kolektif ini mempunyai perwakilan di sembilan kota berbeda. Selain kota-kota yang masuk dalam kompilasi terbaru, ada juga kota lain seperti Denpasar, Semarang, Medan, Palembang, dan Bogor. Setiap kota diwakili oleh seorang penggiat musik, entah itu pembuat webzinemaupun melakukan kegiatan yang berhubungan dengan musik lainnya.

Ieu rame Lurr.. (JOEY ALEXANDER, ORANG INDONESIA PERTAMA YANG MENERIMA NOMINE GRAMMY AWARDS)

Eric Wirjanata sebagai inisiator dari program ini mengatakan, “Idenya didapat dari Music Alliance Pact, saya menjadi anggota aktif di situ sejak 2011. Jadi perkumpulan ini mengumpulkan lagu-lagu dari seluruh dunia. Kemudian dijadikan free download. Menarik banget, saya jadi punya gambaran tren musik di setiap negara.” Maka Eric mengajak teman-temannya untuk bergabung. Ide sederhana itu kemudian disambut oleh teman-temannya. Meski belum terlalu rajin, kompilasi yang disediakan oleh Aliansi Musik bisa menjadi panduan untuk mengenal kegiatan musik di kota lainnya.

Sebelumnya ada juga kegiatan serupa bernama Indo Singles Club. Hampir mirip dengan Aliansi Musik, Indo Singles Club mengumpulkan beberapa penggiat musik dari berbagai kota Indonesia untuk merekomendasikan musik yang pantas didengar dari kotanya. Sayangnya, program ini tak lagi berjalan. (.id/Rollingstone.com)

[socialpoll id=”2330326″]

[socialpoll id=”2322097″]

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.