TRANSFER DATA TERMAMPRANG BISA UNDUH PILEM DALAM SEDETIK

Tim peneliti dari University College London (UCL), Inggris, memecahkan rekor transfer data tercepat untuk pengiriman informasi digital dari transmitter dan receiver tunggal. Menggunakan metode transmisi serat optis, para peneliti berhasil meraih kecepatan luar biasa, mencapai 1,125 terabit per detik.

“Sebagai perbandingan, angka ini hampir 50.000 kali lebih cepat dibanding kecepatan rata-rata koneksi broadband di Inggris yang sebesar 24 megabit per detik,” ujar kepala riset UCL, Dr. Robert Maher, dikutip Gizmodo, Senin (15/2/2016).

Ieu rame Lurr.. (MICROSOFT NYIEUN DATA CENTER DI BAWAH LAUT | BISA KITU?)

Untuk memberi gambaran seberapa cepatnya angka transfer itu, Maher menyebutkan bahwa seluruh episode  HD di serial TV Game of Thrones bisa diunduh dalam waktu cuma sedetik.  Sebenarnya infrastruktur penghantar data berbasis teknologi optik yang tersedia secara komersil saat ini sudah bisa mencapai angka 100 gigabit per detik (1 terabit = 1.000 gigabit).

Namun, tim peneliti UCL menyebut hasil penelitiannya dimaksudkan untuk membikin sistem transfer data yang lebih kencang untuk dipakai di backbone internet masa depan. Maklumlah, semakin lama jumlah kebutuhan data di internet semakin banyak seiring dengan meledaknya aneka layanan barbasis online seperti cloud dan internet of things.Kecepatan transfer data pun harus ikut meningkat untuk mengimbangi perkembangan ini. (.id/BBS/Nextren.com)

[socialpoll id=”2331633″]

[socialpoll id=”2332876″]

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.