BUANG SAMPAH SEMBARANGAN, PULUHAN URANG DIADILI DENDA RP.200 REBU

Jangan sekali-sekali membuang sampah sembarangan di wilayah Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Sekali ketahuan, pembuang sampah sembarangan terancam hingga Rp 50 juta.

Jumat (11/3/2016) hari ini, sudah ada 20 orang yang menjalani persidangan akibat seenaknya.

“Kita memang menjalankan Perda Nomor 5 Tahun 2015 tentang pengolahan sampah rumah tangga dan sampah sejenis,” kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sleman Joko Supriyanto saat dihubungi Kompas.com, Jumat siang.

Ia mengatakan, sesuai perda tersebut, setiap orang yang ketahuan membuang sampah tidak pada tempatnya akan dibawa ke meja hijau.

Dari patroli yang dilakukan oleh petugas Satpol PP Sleman, sudah ada 10 orang yang disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Sleman. Mereka ditangkap pada 4 dan 11 Maret lalu.

Ieu rame lurr.. (RIDWAN KAMIL REK JEMPUT HIBAH MESIN PENGOLAH SAMPAH KE JEPANG | CIHUUUYY..)

“Sudah 10 yang menjalani persidangan di PN Sleman. Sekarang kita ajukan lagi 6 orang yang kemarin juga membuang sampah sembarangan,” ucapnya.

Sesuai perda, denda bagi pembuang sampah maksimal Rp 50 juta dan hukuman kurungan maksimal 3 bulan.

“Tapi tergantung keputusan pengadilan, kemarin rata-rata mereka dikenai denda RP 200.000,” katanya.

Tindakan tegas ini dilakukanya untuk menjaga Sleman agar tetap menjadi bersih dan nyaman. Selain menyeret pelanggar ke pengadilan, Pemkab Sleman juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak menaruh sampah sembarangan. (.id/Kompas.com)

 

[socialpoll id=”2326442″]

[socialpoll id=”2339123″]

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.