CHERNOBYL, CIKAN, ADA YANG TAHU APA INI ?

Chernobyl, 30 tahun sebuah pada tanggal 26 April 1986, sebuah bencana nuklir yang luar biasa terjadi di Pembangkit Tenaga Listrik Nukir (PLTN) Chernobyl yang berada di sebelah utara Ukraina. Sebuah ledakan yang kemudian diikuti api yang menjalar melepaskan sejumlah besar partiel radio aktif ke atmosfir yang kemudian tersebar ke sebelah barat USSR (Uni Sovyet) dan Eropa.

30 tahun kemudian, seorang reporter Eòrpa, Anne Lundon, melaporkan dari Chernobyl untuk mengetahui dampak bencana nuklir tersebut.

Ieu rame lur: SAMSUL MEMBOGAAN PELUANG UNTUK MENGIKUTI JEJAK ZULHAM !

Diringkas dari BBC.Com, kota yang sebelum bencana dihuni oleh sekitar 50.000 orang itu, kini kosong. Radiasi di beberapa tempat sudah hampir kembali ke ambang batas normal. Di wilayah eksklusi (exclution zone) yang sekarang dihuni 140 orang sepandang mata memandang yang terlihat hanya alam bebas. Seperti tidak ada kehidupan tetapi di antara pepohonan kita dapat melihat beberapa rumah yang sekarang hidup berdampingan dengan alam.

Salah satu kota yang ditinggalkan di wilayah ekslusi adalah Zallisa. Oleksander Leonenko yang dievakuasi saat berusia 22 tahun menyatakan bahwa “Saya merasa kembali ke rumah saat kembali ke Zallisa. Saya datang kemari setahun sekali. Saat-saat menginjakan kaki di depan pintu rumah ayahku rasanya seperti bertahun-tahun pergi untuk suatu urusan. Tetapi kita sadar bahwa kita tak akan pernah bisa kembali”. (Bobotoh.id/RCK)

 

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.