INI DIA MANGPAAT DARI KEPO !

Memori ingatan manusia sangatlah unik. Bertambah dewasa dan umur manusia, ingatan akan semakin berkurang dan lama-lama menghilang. Pertanyaannya adalah bagaimana membuat ingatan tersebut tetap bertahan?

Dilansir oleh CNNIndonesia.com, studi yang dilakukan oleh Matthias J. Gruber, Bernard D. Gelman, dan Charan Ranganath di University of California di Davis, ada beberapa cara untuk membuat kita lebih mudah mengingat sesuatu:

1. Harus kepo

Sesuatu itu akan mudah diingat jika obyeknya menarik. Untuk membuat sesuatu terlihat menarik, butuh hasrat keingintahuan yang menjadikanya menarik. Jika tidak ada rasa keingintahuan atau kepo, tentu kita tidak akan mau mempelajarinya, apalagi mengingatnya.

2. Senang saat kepo
Untuk mempertahankan rasa ingin tahu dan rasa penasaran, kita perlu memberi reward atau penghargaan terhadap diri kita sendiri. Dengan demikian otak akan mengeluarkan enzim dopamine yang akan merangsang neurotrasnmitter yang akan membuat kita senang. Saat senang inilah waktu yang tepat untuk memperoleh informasi sebanyak-banyaknya.

Ieu Rame Lur :  Ngimpi Buruk ?! Mungkin Ini Penyebabnya !

3. Banyak bertanya
Setelah penasaran dan sedang untuk mencari tahu, langkah selanjutnya akan ada banyak pertanyaan tentang hal-hal yang ingin kita ingat. Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut dirimu akan menjawab penasaran dengan mencari jawabannya sendiri. Dalam mencari jawaban ada proses unik karena akan mencoba untuk mengingat kembali. Saat itulah terjadi proses belajar yang efektif. (RCK)

[socialpoll id=”2345624″]


 

[socialpoll id=”2339932″]

Komentar

Helmi M. Permana

Orang Bandung, suka foto, suka bola, & suka musik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.